Kemah Akbar Edukasi Lingkungan Dikemas Memperingati Hari Sumpah Pemuda

BERITABULUKUMBA.COM — Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober mendatang diperingati Forum Koordinasi Kelompok Pecinta Alam Bulukumba dengan mengemas dalam bentuk Kemah Akbar Sumpah Pemuda 2019. Kemah Akbar ini akan dilangsungkan Lembah Biru Desa Palambarae, Kecamatan Kindang, 26-28 Oktober 2019.

Penanggungjawab Kemah Akbar Sumpah Pemuda, Muhammad Ichdar “Cupus” YN mengatakan bahwa berdasarkan tema yang diusung yakni Bangunlah Pemuda Lestarikan Alamku Damailah Indonesiaku dikemas dalam berbagai sub kegiatan yang berkonsentrasi pada pelestarian alam dengan melibatkan para pemuda.

“Kita ada tujuh agenda dalam kegiatan ini, salah satunya yakni pembacaan teks Sumpah Pemuda dan pengibaran bendera raksasa,” katanya.

Selain pebacaan teks dan pengibaran bendera raksasa, beberapa kegiatan lainnya seperti camp silahturahmi, seminar dan workshop, tari dan musik alam, orientinering, dan fun games juga disiapkan untuk mengajak

Iklan Iklan
seluruh penggiat alam bebas lebih meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian alam.

“Ini lebih kepada sebagai sarana para penggiat alam untuk lebih meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap kelestarian alam. Dikegiatan ini juga menjadi wadah belajar karena didalamnya akan edukasi yang akan diberikan kepada para peserta melalui workshop,” terang Ichdar.

Ichdar juga beraharap agar para peserta yang ingin menghadiri Kemah Akbar tersebut tidak membawa kemasan minum dan makan dari plastik. Hal tersebut dilakukan agar para peserta dapat lebih menekan produksi sampah plastik yang berpotensi dapat mempengaruhi kelestarian alam.

“Salah satu yang kita harapkan kepada teman-teman yang ingin mengikuti acara ini agar tidak membawa kemasan plastik seperti botol plastik dan bungkusan plastik untuk mengurangi produksi sampah. Para pemuda sudah seharusnya berperan penting untuk menjaga kelestarian alam,” tandasnya.

Kemah Sumpah Pemuda Komunitas Pecinta Alam

Penulis: 
author

Posting Terkait