Dijemput Becak Hingga Gagasan Bulukumba Cantik Jadi Tranding Hilmiaty Asip Daftar di PKB

BERITABULUKUMBA.COM — Figur bakal calon Bupati perempuan Hilmiaty Asip tak pernah habis membuat kejutan. Kali ini mantan Legislator Bulukumba dua periode itu kembali jadi trand pembicaraan masyarakat saat mengembalikan formulir di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bulukumba, Rabu 23 Oktober 2019.

Bagaimana tidak, Hilmi (Sapaannya) menggunakan transportasi tradisional kala menuju sekretariat PKB di Jalan Matahari, Bulukumba bersama Fahidin HDK ketua PKB Bulukumba.

Rupanya, politisi perempuan ini sengaja disambut spesial dengan becak lantaran PKB ingin menggambarkan figur Hilmi sebagai sosok sederhana merakyat dan memang peduli terhadap rakyat kecil.

Sebagaimana diketahui baik Hilmi dan Fahidin, keduanya memang bersahabat sejak lama. Saat di dewan kedua figur ini memang selalu berkolaborasi. Mereka kombinasi epik dalam mengawal aspirasi masyarakat, perumusan perda, kebijakan anggaran, hingga pengawasan.

Setiba di PKB, Hilmi kemudian unjuk gagasan dengan terlebih dahulu meminta restu warga yang hadir menyaksikan pemaparan visi-misinya.

Perhatian kembali tercengang saat Wakil ketua DPD Hanura Sulsel ini memaparkan konsep dan gagasannya dengan tajuk Bulukumba Cantik yang merupakan singkatan dari Cakap dan Intelek dengan arti, cakap Bupatinya, pintar rakyatnya.

Berangkat dari visi-misi, mewujudkan masyarakat yang sejahtera religius dan pemerintahan yang profesional dan inovatif melalui kemandirian ekonomi dengan potensi pariwisata, Hilmi dalam konsepnya menawarkan ide yang dinilai sangat bermanfaat untuk masyarakat nantinya.

Pertama, dirinya berencana menghadirkan Mall Pelayanan Publik One Place All Service (Satu Tempat Untuk Semua Pelayan) artinya Mall ini memberikan pelayanan yang terintegritatasi dari semua unit-unit OPD yang ada baik secara horisontal maupun vertikal dengan tujuan untuk mengefisienkan pelayanan ke masyarakat.

“Nantinya tidak ada lagi masyarakat yang merasa sulit dengan hadirnya Mall Pelayanan Publik ini, seperti layanan dasar di sektor kesehatan, kita ingin pastikan masyarakat mendapat penanganan cepat baik secara administrasi dan medis di RSUD,” ujar Hilmi dalam pemaparannya.

Disisi lain juga dengan hadirnya Mall ini akan mengefisienkan masyarakat. Tidak akan direpotkan lagi dengan budaya bolak-balik dari kantor satu ke kantor lainnya dalam hal kepengurusan berkas.

Kedua lanjut Hilmi, untuk menciptakan masyarakat yang religius harus dilakukan dengan pemberian pendidikan diusia dini. Ia ingin menggairahkan kembali TK/TPA, serta Majelis Taklim yang selama ini mungkin redup.

“Ini bertujuan untuk membangun moral generasi muda sejak dini agar nilai religius berlandaskan agama tertanam dalam diri masyarakat,” tambahnya.

Ketiga Hilmi juga bercita-cita akan membangun Pesantren Pesisir. Ditempat itu nantinya selain pemberian pendidikan agama ada juga ekstrakulikuler yang akan diberlakukan untum santrinya.

Selain itu, figur yang berbasis di wilayah Gantarang ini ingin mengoptimalkan perda keagamaan yang dimiliki Bulukumba saat ini. Menurutnya
untuk apa Bulukumba punya perda jika nafas-nafas keagamaan itu tidak berbanding lurus dengan perda yang dimiliki.

“Apalgi berbicara mengenai anggaran untuk pendidikan keagamaan biasanya kurang di support. Padahal hal tersebut merupakan ujung tombak melahirkan generasi

Iklan Iklan
bangsa yang berakhlak baik. Kedepan ini yang ingin kita dorong,” ucap Hilmi.

Sebagai perempuan, dirinya juga mengharapkan organisasi keagamaan perempuan lebih digairahkan lagi agar berkontribusi untuk daerah.

Sementara, dalam hal menciptakan pemerintahan yang profesional mendorong ASN lebih inovatif dan kreatif, menurut Hilmi harus dimulai dari pemerintahan tingkat atas.

“Pemerintah ini adalah eksekutor tapi walau bagaimanapun bagusnya program, ketika eksekutor tidak mampu melakukannya maka apalah arti progres yang kita buat selama ini. Sehingga kami ingin menempatkan pada porsinya sebagaimana istilah “The Right Man on The Right Place” sebagai orang yang berkompeten dibindangnya masing-masing ditempatkan sesuai kemampuan dan kompetensi yang dimiliki sehingga ada upaya stimulan kepada ASN untuk berbuat dan berdedikasi mengabaikan diri sebagai aparatur sipil negara didalam rangka menumbuhkan kembangkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Hilmi.

Terakhir Hilmi menyampaikan niat baiknya jika diberi amanah masyarakat menjadi pemimpin, akan menyumbangkan gajinya untuk hal yang berbau keagamaan.

“Dan insyaallah jika saya ditakdirkan mejadi Bupati, setiap gaji saya akan saya sumbangkan untuk kegiatan keagamaan. Dan secara bergilir akan kita sumbangkan juga kepada masjid masjid yang membutuhkan,” tutupnya dalam pemaparan visi-misinya di PKB.

Sementara ketua PKB Bulukumba, Fahidin HDK, mengungkapkan Hilmi memang sengaja disambut spesial PKB dengan kendaraan transportasi tradisional becak sebagai gambaran figur yang sederhana, merakyat.

“Tadi itu penyambutan Ibu Hilmi memang spesial kenapa, karena baru beliau merupakan bakal calon perempuan pertama yang kembalikan formulir makanya kita jemput pakai becak. Itu sebagai simbol bahwa jika Hilmi jadi Bupati, beliau bersama rakyat kecil,” ucap Fahidin.

Mengenai Bulukumba Cantik, Fahidin mengapresiasi hal tersebut dengan kembali menunjukkan sinyal arah dukungan ke Hilmiaty Asip. Ditambah modal dua periode di DPRD dalam mengadvokasi aspirasi masyarakat dinilai sebagai figur yang sangat paham mengenai Bulukumba sebagai syarat prioritas bakal calon di PKB, harus dikenal dan mengenal masyarakat.

“Bupatinya cakap, rakyatnya pintar. Itu tagline yang kita anggap luar biasa dari seorang figur perempuan Hilmiaty Asip. Rasa-rasanya PKB cocok dengan gagasan ini. karena PKB memang didorong tidak hanya cakap dan pintar dalam pemerintahan tapi juga ulet dalam memperjuangkan agama. Sehingga ini sudah sejalan dengan visi misi kami di PKB,” tandas Fahidin.

Seperti diketahui, sebelumnya sinyal dukungan PKB memang sudah memperlihatkan tanda-tanda melalui intensnya Hilmi dan Fahidin membangun komunikasi politik pada beberapa pertemuan. Mereka juga kerap saling support.

Langkah Hilmi menjelang Pilkada Bulukumba 2020 mendatang juga sepertinya cukup mulus. Ia juga telah mendapatkan sinyal dukungan dari Partai Gerindra dengan visi-misi yang dinilai sejalan.

Selain itu, mengacu dari beberapa isu, Hilmi diprediksi besar kemungkinannya bakal berpasangan dengan Indrawanto Hasan (H Amang) putra mantan Bupati Bulukumba periode 2010-2015, Zainuddin Hasan.

Hilmiaty Asip Pilkada Bulukumba 2020

Penulis: 
author

Posting Terkait