Hari Sumpah Pemuda 2019, Pocil Atraksi di Lapangan Pemuda

BERITABULUKUMBA.COM — Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 91 tahun 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Pemuda Bulukumba berlangsung meriah. Usai upacara bendera, beberapa persembahan dilakukan di depan tribun lapangan, termasuk penyerahan piala Lomba Kadarkum dan Lomba Senam Jadul, Senin 28 Oktober 2019. Kedua lomba ini masing-masing menjadi juara I pada tingkat provinsi yang dilaksanakan di Makassar beberapa hari yang lalu.

Persembahan pertama adalah puisi berjudul “Bulukumba” yang dipentaskan oleh siswa kelas 1 SD Negeri 24 Salemba. Dengan memakai pakaian adat warna kuning, keduanya tampil memukau di hadapan Bupati, Wakil Bupati, Forkominda serta para undangan lainnya. Kedua anak ini merupakan binaan dari Teater Kampong dan Sanggar Seni Eppa Sulapa STAI Algazali.

Persembahan berikutnya adalah atraksi dari Polisi Cilik (Pocil) binaan Kapolres Bulukumba. Pocil memperagakan berbagai gerakan, mulai dari baris-berbaris, senam dan tarian. Anggota Pocil berasal dari perwakilan beberapa SD di Bulukumba yang berusia antara 9

Iklan Iklan
sampai 12 tahun. Terakhir persembahan Senam Jadul yang menjadi juara 1 pada lomba tingkat provinsi. Yang menarik, kedua tim Senam Jadul dan Pocil ini dipimpin oleh siswa SDN 2 Terang-Terang bernama Muh Guruh Airlangga Honteng.

Pada upacara tersebut Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga RI, Dr. H. Zainuddin Amali. Salah satu kutipan dalam sambutannya adalah “Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia”.

Lalu yang menarik dan menjadi ciri khas di setiap upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah adanya sekumpulan pemuda pelajar yang memakai kostum baju adat daerah di seluruh nusantara.

Puluhan pemuda-pemudi berkostum baju adat membentuk formasi setengah lingkaran yang menggelilingi Akhmad Rivandi, Ketua KNPI Bulukumba saat membacakan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928.

Akhmad Rivandi, merupakan ketua KNPI terpilih untuk periode selanjutnya pada Muskab KNPI yang baru saja dilaksanakan.

Hari Sumpah Pemuda 2019 Pemerintahan

Penulis: 
author

Posting Terkait