Kunci Gerindra-Golkar, Hamzah Pangki dan Syahruni Haris Ramai Disebut Berpaket

BERITABULUKUMBA.COM — Belakangan ini sejumlah bakal calon Bupati/wakil Bupati untuk Pilkada Bulukumba 2020 mendatang telah mengerucut. Seperti yang terlihat, para figur sudah saling mengunci diri untuk berpaket satu sama lain.

Sebut saja Askar HL ketua PPP Bulukumba yang telah mengunci diri berpasangan dengan kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Bulukumba Andi Makmur.

Figur politisi perempuan partai Hanura Hilmiaty Asip yang disandingkan dengan putra mantan Bupati Bulukumba, Indrawanto Hasan (H Amang). Bakal calon paket ini juga diketahui telah didukung penuh, Bupati Bulukumba periode 2010-2015, Zainuddin Hasan.

Kemudian Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto yang telah mengantongi lima nama yang akan diajaknya berkolaborasi untuk kompetisi politik di kasta pimpinan daerah lima tahunan itu.

Belakangan kembali mencuat satu pasangan bakal calon Bupati/Wakil Bupati dari dua ketua partai. Mereka adalah Andi Hamzah Pangki selaku ketua DPD II Golkar Bulukumba dengan Syahruni Haris ketua DPC Gerindra Bulukumba.

Keduanya ramai disebut-sebut publik akan berpaket pada Pilkada Bulukumba mendatang. Di sosial media juga banyak bertebaran gambar keduanya.

Baik Hamzah Pangki dan Syahruni Haris dinilai banyak kecocokan dari segi gaya politik hingga aspek leadership kepemimpinan sehingga didorong untuk berpaket.

Menanggapi hal tersebut, kedua figur yang masing-masing memiliki pendukung fanatik ini menjawab kemungkinan berpaket bisa saja terjadi.

Hal itu mereka jawab dalam sesi wawancara usai Hamzah Pangki menjalani Fit And Propertest yang diundang Tim Desk Pilkada Gerindra sebagai petarung ke dua belas di Sekretariat DPC Gerindra Bulukumba, Minggu (27/10/2019).

Menurut Hamzah Pangki banyaknya dorongan dari masyarakat dan pendukung ini ditanggapinya sebagai tanda-tanda alam. Ia bahkan mengaku komunikasi politiknya dengan Syahruni memang telah intens dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya.

“Sah saja, itu bisa terjadi. Nah sekarang sisa memang kami tentu ada pendekatan yang lebih intens agar bagaimana Gerindra dan Golkar untuk bersama mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Bulukumba 2020 mendatang,” ungkap anggota DPRD Bulukumba itu.

“Intinya semakin banyak dorongan maka kami siap bertarung untuk Pilkada 2020,” tegas Hamzah Pangki.

Sementara, Syahruni Haris menanggapi keinginan berpaket tersebut mengatakan, pertama dirinya mengapresiasi Hamzah Pangki

Iklan Iklan
selaku ketua Partai Golkar yang pernah menjabat ketua DPRD dua Periode, tentu memiliki segudang pengalaman. Terlebih dalam track record pertarungan politiknya, Hamzah Pangki tak pernah tumbang, kini sudah tiga periode di DPRD.

Tentu pengalaman tersebut apalagi mantan ketua DPRD, Hamzah Pangki disebut pasti mampu dan sangat memahami apa yang menjadi kekurangan pemerintahan hari ini, kelebihan pemerintahan hari ini dan apa solusi kedepannya.

“Ingat, selama dua periode menjadi ketua DPRD tak satu pun rupiah yang dibelanjakan oleh pemerintah daerah itu lahir dari tanda tangan beliau (Hamzah Pangki) oleh karena itu kita mengapresiasi itu sebagai lompatan besar jika beliau menjadi bupati di Bulukumba terlebih lagi kalau itu diusung oleh partai Gerindra dan Golkar tentu akan semakin maju ini Bulukumba,” sebut Syahruni.

Mantan ketua KNPI Bulukumba itu juga mengatakan jika Partai Gerindra dan Golkar berkoalisi dalam Pilkada akan menjadi mesin politik yang kuat lantaran sama-sama memiliki menteri di Pusat. Jika diakumulasi ada 7 menteri yang bisa membackup pemerintahan hari ini di Bulukumba.

“Kalau sudah 7 menteri maka semua segmen akan terjawab dengan tuntas. Dan tentu akan memudahkan kita memenangkan pertarungan,” tandas Syanruni.

Sementara diketahui, Jika Hamzah Pangki disokong dan didukung penuh keluarga rumpun Pangki, bisa dipastikan konstalasi politik di wilayah Gantarang akan berubah mengingat figur ini berbasis penuh di wilayah Gantarang sebagai kecamatan yang memiliki jumlah wajib pilih terbanyak di Bulukumba.

Dan jika Syahruni bergerak penuh, bukan mustahil kekuatan yang digalangnya akan mampu membawa warna tersendiri di Pilkada.
Syahruni memliki pendukung fanatik di 10 kecamatan. Itu teruji saat Pileg 2019 lalu. Namun figur ini disebut berbasis besar di wilayah kecamatan Kajang.

Syahruni juga banyak diasumsikan jadi alternatif pilihan jika ingin meraih suara menyeluruh di 10 kecamatan yang ada di Bulukumba.

Untuk kekuatan partai seperti diketahui, Partai Gerindra dibawah nahkoda Syahruni Haris memiliki 5 kursi di parlemen ditambah 4 kursi Golkar dibawah kendali Hamzah Pangki sudah lebih untuk mengusung pasangan di Pilkada Bulukumba 2020 nantinya.

Hamzah Pangki Pilkada Bulukumba 2020 Syahruni Haris

Penulis: 
author

Posting Terkait