Chemistry Kuat: Hanura dan PBB Siap Koalisi Dengan Gerindra di Pilkada

BERITABULUKUMBA.COM — Arah koalisi partai politik untuk mengusung kandidat calon Bupati/Wakil Bupati jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bulukumba 2020 mendatang semakin intens terbangun.

Setelah sebelumnya, Gerindra membangun kemungkinan koalisi dengan Golkar dan PKB yang ditandai dengan kesepahaman untuk tidak memberi ruang ‘penebang’ demokrasi atau orang yang ingin mendapatkan rekomendasi parpol tanpa mengikuti proses atau tahapan penjaringan.

Kali ini, giliran partai Hanura dan PBB yang menyambangi markas pengurus kabupaten partai besutan Prabowo Subianto itu di sekretariat DPC Gerindra Bulukumba, Jl Kusuma Bangsa, Caile, Ujung Bulu, Sabtu (02/11/2019).

Dalam pertemuan itu, ketiganya membahas soal upaya koalisi pada Pilkada Bulukumba 2020 mendatang. Dan jika ketiga partai ini berkoalisi, secara otomatis dipastikan bisa mengusung pasangan calon, karena telah memenuhi syarat delapan kursi usungan parpol. Gerindra punya 5 kursi, Hanura 2, dan PBB 1.

Ketua partai Gerindra Bulukumba, Syahruni Haris mengungkapkan pertemuan itu juga merupakan kunjungan balasan atas safari politik Gerindra beberapa waktu lalu ke Hanura. Selain untuk menjalin hubungan kerjasama dalam penguatan kelembagaan di DPRD.

“Semoga terjalin koalisi di Pilkada, kami sama-sama berharap calon bupati yang diusung Gerindra,

Iklan Iklan
Hanura dan PBB ini sama. Kita melengkapi dulu persyaratan dukungan bakal calon sambil menghargai proses penjaringan yang berlangsung di partai masing-masing,” ujarnya.

Senada dengan Syahruni, ketua partai Hanura Bulukumba, Muh Zabir Iqbal juga mengatakan hal yang sama. Namun secara garis besar dirinya menekankan kedepan, calon bupati atau bupati terpilih tidak mengabaikan lagi partai yang mengusungnya.

“Kita berharap hal yang sama, karena kedepan tidak boleh lagi ada calon bupati atau bupati terpilih mengabaikan partai-partai pengusungnya,” ungkap Iqbal.

Sementara ketua Partai Bulan Bintang (PBB), Safiuddin memberikan pandangan pentingnya saling mensupport, karena menurutnya tak satupun partai yang mencukupi untuk mengusung sendiri kandidat calon Bupati sehingga tetap harus berkoalisi.

Pemilik kursi tunggal di DPRD ini juga menegaskan tak akan sendiri di Pilkada mendatang. Ia optimis bakal berkoalisi dengan dua partai besar itu (Gerindra dan Hanura). Apalagi chemistry baik kesepahaman dan kecocokan ketiganya sudah dapat.

“Kita tak ingin melampaui kehendak Tuhan, namun karena ini dimulai dengan niat baik dan tulus semoga saja dapat ridho dari Allah SWT dan bisa terwujud dalam bentuk koalisi di Pilkada,” tutupnya.

Pilkada Bulukumba 2020

Penulis: 
author

Posting Terkait