Dibangun oleh Putra Bulukumba, Pesantren Pertama di AS Ini Segera Rampung

New York – Pembangunan Pondok Pesantren Nur Inka Nusantara Madani di Connecticut, Amerika Serikat segera rampung. Pesantren yang didirikan Imam Shamsi Ali, putra daerah Bulukumba yang juga imam besar New York itu telah mencapai 70 persen.

Imam Shamsi Ali mengatakan saat ini pihaknya terus berjuang menyelesaikan pelunasan properti dengan angsuran bulanan (tanpa riba) sebesar $18,750 per bulan hingga April tahun 2020. “Artinya saat ini untuk pelunasan properti Pondok Pesantren Nur Inka Nusantara Madani memerlukan sekitar $112,500 (seratus dua belas ribu lima ratus USD),” kata pendiri pondok pesantren pertama di Amerika Serikat ini.

Imam Masjid Jamaica Center di New York, AS, Shamsi Ali mengatakan sejak dilakukan penandatanganan pembelian properti seluas 7.5 hektar di kota Moodus, CT ini pada April 2018 lalu, proses renovasi terus berjalan.

“Pembersihan lahan dan perubuhan (demolish) serta perbaikan (renovasi) gedung-gedung tua terus berjalan. Alhamdulillah sekitar 70% dari pekerjaan ini telah selesai,” terangnya.

Dari 10 gedung tua di Loka kata Shamsi Ali terdapat lima gedung yang dirubuhkan karena tidak layak pakai, 5 direnovasi (4 telah tuntas). Selain renovasi gedung-gedung, juga telah diselesaikan lapangan basket, lapangan volley, lapangan bola kaki, dan juga kolam renang,” urainya.

Masih kata pria kelahiran Kajang Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan ini menyampaikan bahwa dengan selesainya 70

Iklan Iklan
persen renovasi gedung, pesantren sejak tahun lalu mulai difungsikan untuk ragam kegiatan komunitas.

Ia juga juga menyebutkan penggunaan gwdung-gedung yang sudah direnovasi itu diantaranya pelatihan kepemimpinan, program Tahfidz Al-Quran, kegiatan komunitas dengan neighbors (tetangga), bahkan juga kegiatan 17 Agustusan (Kemerdekaan RI), dan banyak lagi.

“Untuk pembangunan fasilitas pemondokan sebagai tahap kedua dari proyek ini, Master Plan pesantren saat ini sedang dalam penyelesaian,” lanjutnya.

Ia juga menyampaikan bahwa menjadi aebuah kehormatan karena yang menggambar (design) proyek pondok pesantren adalah bapak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. Selain Master Plan, Kang Emil juga sedang menyelesaikan design masjid pesantren.

“Jika Allah mudahkan, semoga peletakan batu pertama masjid dapat dilaksanakan awal musim panas 2020 mendatang,” pungkasnya.

Saat ini, pesantren Nur Inka Nusantara Madani terus bergerak dengan ragam kegiatannya, seperti pengenalan Islam ke universitas, membangun dialog dan hubungan antar pemeluk agama, pelatihan Imam dan kepemimpinan, program tahfidz, dan lain-lain.

“Proyek pesantren tidak menghalangi ragam aktititas dakwah Nusantara,” sambungnya.

Tidak hanya menyampaikan perkembangan pembangunan pondok pesantren tersebut, tetapi Shamsi Ali juga kembali mengingatkan dan memotivasi semuanya untuk mengambil bagian dalam langkah juang dakwah ini.

“Semoga proyek ini diterima oleh semua sebagai bagian dari tanggung jawab bersama. Dan tentunya semoga diterima oleh Allah SWT. Amin,” tutup ya.

Untuk update dan donasi dapat dilihat di website Nusantara: https://nusantarafoundation.org (rls)

Imam Shamsi Ali Shamsi Ali

Penulis: 
    author

    Posting Terkait