Tahun Terakhir Masa Jabatan, Bupati Mutasi Pejabatnya Tengah Malam

oleh

BERITABULUKUMBA.COM — Memasuki tahun terakhir masa jabatannya sebagai Bupati Bulukumba, A.M Sukri Sappewali kembali melakukan mutasi atau mereposisi 198 Aparatur Sipil Negara dalam tempo tak sampai sepekan.

Sebelumnya, gelombang mutasi pertama digelar pada Jumat (03/01/2020). Kala itu, Bupati A.M Sukri digantikan Wakil Bupati, Tomy Satria Yulianto melantik pejabat pimpinan tinggi pratama (Eselon II) dan pejabat Administrator (Eselon III) di ruang pola kantor Bupati.

Tomy melantik sejumlah pejabat di posisi tetap, pergeseran posisi di eselon II, dan pengangkatan pejabat di posisi eselon III. Dan jabatan yang lowong serta rangkap sebelumnya telah terisi, seperti jabatan direktur RSUD Sulthan Dg Radja telah definitif.

Dalam pelantikan Tomy mengisyaratkan, semua pejabat sungguh-sungguh dalam bekerja, agar realisasi program nya bersama Bupati A.M Sukri bisa tercapai.

“Tanggung jawab teknis itu ada pada saudara-saudara yang dilantik. Jangan sampai ada merasa lepas tangan terhadap apa yang terjadi di kabupaten Bulukumba,” ujarnya.

Gelombang mutasi kedua pada Selasa (07/01/2020). Sebanyak 198 pejabat tingkat eselon III dan IV dilantik langsung Bupati A.M Sukri Sappewali bersama Wakil Bupati, Tomy Satria yang mendampingi.

Sebagian besar pejabat mengalami perubahan posisi, seperti mendapatkan promosi, tapi sebagian lagi diantaranya hanya menempati posisi hasil penyesuaian atau dikukuhkan kembali dalam pos jabatan semula.

Pelantikan dan pengambilan sumpah gelombang kedua tersebut sempat molor dari jadwal dalam undangan pukul 19:00 Wita. Proses pelantikan baru dimulai pada pukul 23:30 Wita lebih dan berakhir pada pukul 00:35 Wita, Rabu (08/01/2020).

Seperti diketahui, berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, kepala daerah yang akan maju lagi dilarang melakukan mutasi mulai 6 bulan sebelum ditetapkannya sebagai calon kepala daerah, kecuali atas izin dari Mendagri.

Adapun penetapan calon bupati-cawabup dalam Pilkada serentak 2020 akan dilakukan pada Juli 2020 mendatang. Dengan demikian, batasan Bupati Bulukumba bisa memutasi jajarannya adalah hingga Selasa (07/01/2020) pada sekitar pukul 23:59 Wita.

Tonton Video proses mutasi ke II Pemkab Bulukumba:

Mutasi Part II Pemkab Bulukumba

تم النشر بواسطة ‏‎BeritaBulukumba.COM‎‏ في الثلاثاء، ٧ يناير ٢٠٢٠

Kendati demikian juga, pihak Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bulukumba enggan mempublikasikan ke media daftar nama pejabat yang dimutasi dengan alasan tertentu.

Bupati Bakal Copot Pejabat Yang Tak Bisa Penuhi Target

Sementara, dalam sambutannya Bupati A.M Sukri Sappewali mengucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik. Mengawali tahun 2020 dirinya berharap kinerja di OPD bisa optimal.

“Alhamdulillah mulai malam ini tidak ada lagi jabatan yang lowong di lingkup pemerintahan Bulukumba,” ungkapnya.

Selain itu, purnawirawan TNI itu tak henti nya mewanti-wanti para pejabat agar meningkatkan kinerja nya. Ia bahkan menegaskan tak segan mencopot pejabatnya jika tak bisa penuhi target.

“Ingat kinerja harus sesuai dengan target yang kita inginkan. Saya tidak segan-segan mencopot jabatan saudara jika tidak bisa penuhi target yang kita inginkan,” tegasnya.

“Saya tidak mau tahu, bulan Maret seluruh tender harus selesai. Kita harapkan semua yang dilantik siap jalankan program 2020,” pungkasnya.