Bulukumba Tuan Rumah Pertama Sekolah Lapang BMKG Sulsel

  • Whatsapp

BULUKUMBA – BMKG Provinsi Sulawesi Selatan akan menggelar Sekolah Lapang Geofisika (SLG) pertama. Kabupaten Bulukumba dipilih sebagai tuan rumah kegiatan pada 9 -10 Maret 2020 itu.

Hal itu dikatakan Made Widiada, ST, Ketua Panitia SLG 2020, Kabupaten Bulukumba. Menurutnya, SLG yang dilaksanakan di Tanjung Bira tidak terlepas dari kerjasama antara BMKG dengan Pemerintah Daerah Bulukumba.

Bacaan Lainnya

Kedua instansi memiliki komitmen terhadap upaya penanggulangan dan mitigasi bencana alam. “Tujuan kegiatan ini untuk memberikan edukasi dan pemahaman terkait bencana gempabumi dan tsunami. Selain itu kegiatan SLG diharapkan menjadi sarana untuk memperkuat peran dan sinergitas antara BMKG dengan segenap perangkat daerah seperti BPBD, Kepolisian, TNI, media, masyarakat dan unsur lainnya sebagai satu mata rantai penyebaran info dini gempabumi dan peringatan dini tsunami,”katanya.

SLG perdana ini mengambil tema “Membangun Kesiapsiagaan dengan memahami Gempabumi dan Tsunami Mappuralaloe”. Diangkat dari sejarah panjang kegempaan dan tsunami yang pernah melanda wilayah Kabupaten Bulukumba dan sekitarnya di masa lampau.

“Diharapkan dengan memahami sejarah kegempaan dan tsunami di Kabupaten Bulukumba, pemerintah daerah dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana alam yang lebih baik dan berkesinambungan dengan melibatkan semua unsur yang terkait,” tambah Made.

Kegiatan ini rencana akan diikuti oleh beberapa unsur pemerintah daerah Kab. Bulukumba seperti BPBD, SKPD, TNI Polri, Sekolah, Media dan kelompok masyarakat. Sekolah Lapang Geofisika ini rencananya akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Bapak Bupati Bulukumba A.M. Sukri A Sappewali.

Pos terkait