Corona Mengintai, Sejumlah Ormas Tolak Kapal Pesiar Australia Berlabuh di Bulukumba

oleh

BULUKUMBA – Sejumlah organisasi atau kelompok masyarakat menolak rencana kedatangan Kapal Pesiar Coral Adventure di Bulukumba pada Rabu 11 Maret 2020. Sementara pemerintah daerah rencananya baru akan mengambil keputusan pada Senin 9 Maret 2020.

Ormas yang menolak kehadiran kapal berbendera Australia itu diantaranya KNPI, AGRA dan beberapa tokoh agama di Kecamatan Bontobahari. Memang sesuai rencana, kapal yang mengangkut puluhan turis asing itu, akan berlabuh di Tana Beru, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba.

Dalam pernyataan sikapnya Minggu (08/03/2020), mereka menolak sebagai lamgkah antisipasi atas Virus Corona yang kini tengah mewabah. Apalagi dengan keterbatasan alat pendeteksi Virus Corona untuk turis di Kapal Coral Adventure.

Rencana kedatangan Kapal pesiar itu juga dibenarkan Humas Pemkab Bulukumba. “Benar nanti (Senin) diputuskan apakah tetap diizinkan berlabuh atau tidak,” kata Andi Ayatullah Ahmad, Humas Pemkab Bulukumba, Sabtu 7 Maret 2020.

Sesuai jadwal, wisman dari berbagai negara itu akan mengunjungi lokasi pembuatan perahu Phinisi di Bontobahari.

Kapal tersebut sebelumnya berencana untuk sandar di Pelabuhan Tanjung Ringgit Palopo. Namum, Pemerintah Kota tak memberikan izin sebagai langkah antisipasi virus corona. (Foto by Cruisemapper.com)