Shalat Jumat Tetap Digelar di Bulukumba, Masjid Disemprot Desinfektan

  • Whatsapp

BULUKUMBA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bulukumba menghimbau shalat jumat berjamaah digelar hari ini, 30 Maret 2020. Hal itu berdasar hasil konsultasi dengan MUI Provinsi Sulsel terkait kondisi Bulukumba saat ini.

Pihak internal pengurus MUI Bulukumba juga berkonsultasi dengan Pemkab Bulukumba yang diwakili Wakil Bupati dan Sekertaris Daerah.

Bacaan Lainnya

MUI Bulukumba menyampaikan bahwa pelaksanaan shalat Jumat di Kabupaten Bulukumba tetap dilaksanakan di masjid sesuai rukun. Pelaksanaan dihimbau untuk meminimalkan waktu. “Termasuk khatib diimbau untuk mempersingkat khutbah,” isi poin pertama himbauan itu.

Kemudian pada poin kedua MUI mengimba imam shalat Jumat untuk melaksanakan Qunut Nazilah. Poin selanjutnya agar pengurus masjid dihimbau untuk menggulung karpet masjid dan jamaah menggunakan sajadah masing-masing.

“Jamaah dihimbau tidak mengadakan acara kumpul-kumpul lagi usai shalat Jumat untuk menghindari keramaian dan peredaran virus Covid-19,” lanjut info tersebut. Terakhir, khatib dihimbau membacakan doa, perlindungan kepada Allah untuk Kaum muslimin/mat, NKRI, terkhusus Kabupaten Bulukumba dari cobaan dan musibah.

Isi himbauan yang diterima redaksi dikeluarkan atas nama MUI Bulukumba, dengan ketua KH Tjamiruddin dan sekertaris Abdul Hakim Bohari. Juru Bicara COVID-19 di Bulukumba Daud Kahal membenarkan hal itu.

Pihak Pemkab telah melakukan penyemprotan desinfektan di beberepa masjid oleh tim Dinkes-Satpol PP. “Sudah disemprot desinfektan seperti Masjid ICDT, Masjid Agung, Masjid Raya, Masjid Babul Khaer, M. Hayyalal Falah,” papar Kepala Dinas Kominfo Bulukumba tersebut.

Pos terkait