Begini Sinergitas Pemdes Bukit Harapan Melawan Covid-19

oleh
Desa Bukti Harapan Semprot rumah warga
Sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19 di desa bukit harapan kecamatan Gantarang, Jumat (3/4/2020)

Bulukumba, suaralidik.com – Upaya memutuskan rantai penyebaran covid-19 yang sangat meresahkan warga masyarakat hingga ke tingkat desa memang membutuhkan kerja keras bagi semua pemerintah desa di Indonesia.

Hal ini juga dilakukan pemerintah desa Bukit Harapan kecamatan Gantarang kabupaten Bulukumba.

Jumat (3/4/2020) pagi mereka tampak melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat umum hingga ke rumah-rumah warganya.

Selain itu, mereka juga tampak melakukan pembatasan jarak (social distancing), pembatasan wilayah dengan melakukan penutupan akses masuk dan keluar desa Bukit Harapan.

Sinergitas berbagai elemen masyarakat mencegah penyebaran virus corona di wilayah itu dilakukan juga dengan mencegah orang luar desa masuk berinteraksi dengan warga desa lainnya.

Plt Kepala desa Bukit Harapan A Rukman Jabbar yang super aktif dalam melakukan upaya pencegahan siap menjadi garda terdepan untuk membackup warga melawan penyebaran virus corona itu sendiri.

“Jangan panik dan jangan terlalu khwatir, kita lawan covid-19 dengan langkah-langkah preventif untuk memutus mata rantainya,” semangat Andi rukman.

Pemerintah Desa ini juga bahkan sudah melakukan pembagian alat cuci tangan ke setiap rumah warga berupa ember yang dimodifikasi lengkap dengan kran air beserta sabun dettol sebagai penghilang bakteri.

Sinergitas antara pemerintah desa, Babinkatibmas, Babinsa, Pemuda dan Aktivis di desa itu terus memicu tingkat kesadaran masyarakat pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan hidup bersama.

Tidak tanggung-tanggung, kendaraan pribadi kepala desa dan warga pun dijadikan armada untuk sosialisasi ke semua tingkat dusun yang ada.

Masyarakat desa yang baru tiba dari perantauan dihimbau untuk melapor agar bisa dilakukan pemeriksaan secara rutin .(***Adk)

Iklan