Penerimaan Bintara Jalur Perawat dan Bidan di Polda Sulsel Dipercepat, Ini Syarat dan Jadwalnya

  • Whatsapp
Kabagdalpers Biro SDM Polda Sulsel AKBP Aris Bahtiar
Kabagdalpers Biro SDM Polda Sulsel AKBP Aris Bahtiar, SH, SIK, M.Si.

SULSEL, – Penerimaan Polri jalur perawat dan bidan di Polda Sulawesi Selatan dipercepat pelaksanaannya dengan seleksi Akpol, Bintara umum dan Tamtama Polri.

Kegiatan percepatan pendaftaran Khusus Bintara Perawat dan Bidan berdasarkan surat Kapolri Nomor : B/2268/IV/DIK.2.1/2020/SSDM tanggal 02 April 2020 tentang jadwal kegiatan seleksi tingkat panda rekruitmen Bintara kompetensi khusus Bidan dan Perawat Polri TA. 2020.

Bacaan Lainnya

Kabagdalpers Biro SDM Polda Sulsel AKBP Aris Bahtiar, SH, SIK, M.Si. mengatakan penerimaan Polri jalur perawat dan bidan dipercepat mengingat kompetensi khusus perawat dan bidan sangat dibutuhkan saat ini ditengah Indonesia dilanda wabah penyakit virus corona covid 19 karena rumah sakit Polri di seluruh Indonesia memerlukan tenaga medis.

“Makanya penerimaan jalur bakomsus bintara bidan dan perawat dipercepat,”kata AKBP Aris Bahtiar kepada wartawan saat dikonfirmasi.

Dia mengatakan hal itu berdasarkan perintah langsung Asisten SDM Mabes Polri, Irjen Pol Eko Indra Heri melalui video conference.

“Kebijakan pimpinan terkait percepatan penerimaan Polri untuk komposisi perawat dan bidan, karena rumah sakit Polri masih banyak kekurangan tenaga medis. Ini juga untuk mempersiapkan situasi ke depan terhadap wabah virus Covid-19,”tuturnya.

Untuk teknis pendaftarannya, peserta dapat melakukan pendaftaran melalui online di www.penerimaan.polri.go.id sampai dengan tanggal 6 April 2020 dan dapat melaksanakan verifikasi manual di Polres asal sesuai alamat pendaftar.

Pamflet, brosur dan spanduk penerimaan calon bidan dan perawat anggota Polri di Polda Sulawesi Selatan sudah kami sebar sampai ke polres jajaran dan kamipun telah menyampaikan kepada Polres selaku panitia pembantu penerimaan (pabanrim) untuk memberikan pelayanan dan melaksanaknan verifikasi bagi calon pendaftar. Terang AKBP Aris Bachtiar.

Adapun persyaratan dalam penerimaan Bintara Kompetensi Khusus Perawat dan Bidang pada tahun 2020 diantaranya :

  1. Berijazah D-IIIPerawat/ Bidan
  2. mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku dan diutamakan mempunyai sertifikat Basic Cardiovascular Life Support (BCLS) atau Basic Trauma Life Support (BTLS) dengan IPK minimal 2,75 da prodi terakreditasi (bagi perawat)
  3. mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku dan mempunyai sertifikat Basic Cardiovascular Life Support (BCLS) atau Basic Trauma Life Support (BTLS) dengan IPK minimal 2,75 da prodi terakreditasi (bagi bidan).
  4. Tinggi badan untuk pria 163 cm dan wanita 160 cm

Selain persyaratan, adapun jadwal pelaksanaan seleksi bakomsus bidan dan perawat yakni, pada tanggal 7 april pelaksanan verifikasi, ukur tinggi dan berat badan, tanggal 8 April pelaksanaan pakta integritas dan pengambilan sumpah panitia dan peserta, tanggal 9 April pelaksanaan pemeriksaan administrasi dan pengumuman, tanggal 13 sampai 17 april tes kompetensi khusus pengetahuan, perilaku dan keterampilan, tanggal 18 april tes kesampataan jasmani, tanggal 20 april tes psikologi, tanggal 25 april tes kesehatan, tanggal 27 april tes wawancara dan tanggal 29 dan 30 april pemeriksaan administrasi akhir dan sidang kelulusan.

“Ingat pendaftaran ini tidak memungut biaya dalam bentuk apapun, jangan percaya calo dan terpenting seluruh peserta harus percaya dengan kemampuan sendiri,”Tutup Mantan Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Aris Bahtiar. (Sabtu, 4/4/2020).

Pos terkait