CATAT! Pemkab Bulukumba Realokasi 1,9 Miliar Untuk Warga Terdampak Covid-19, Segini Jumlah Penerimanya

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Penyerahan bantuan sosial oleh Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali kepada warga di Kecamatan Ujung Bulu. Rabu 22 April 2020.

UJUNG BULU, Beritabulukumba.com — Pemerintah Kabupaten Bulukumba telah melakukan refocusing dan realokasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2020 khusus untuk warga terdampak Covid-19 sebesar 1,9 Miliar.

Hal tersebut disampaikan pemerintah melalui kasubag Humas Pemkab Bulukumba, Andi Ayatullah Ahmad saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu 25 April 2020.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, anggaran sebesar 1,9 Miliar tersebut diperuntukkan khusus bagi warga yang sangat merasakan dampak ekonomi akibat Pandemi yang menimpah ratusan negara di dunia ini.

BACA JUGA:   Bulukumba Menempatkan Perwakilannya Di Sabudarta Indonesia 2017

Wujud dari realokasi APBD tersebut berbentuk bantuan sembako yang distribusikan langsung ke warga penerima.

Tercatat sebanyak 6500 Kartu Keluarga yang akan disasar bantuan khusus APBD Pemkab ini.

“Iya, totalnya 1,9 Milyar. 6500 KK,” ujar Ayatullah.

Selain bantuan yang bersumber dari APBD Bulukumba itu, bantuan sosial dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk warga terdampak wabah Covid-19, Bulukumba juga diberi kuota oleh Gubernur sebanyak 3500 KK.

Dengan demikian total penerima bantuan sosial di Bulukumba sebanyak 10.000 KK di 10 kecamatan yang bersumber dari APBD Bulukumba dan Provinsi.

“1300 KK dibantu Dinsos (Dinas Sosial) Provinsi. Diminta lagi 2200 KK ke Gubernur tambahan, jadi10.000 KK semuanya,” jelas Ayatullah.

BACA JUGA:   FB Diretas Warga Bulukumba, Kapolda Sulsel: Ini Penghinaan

Sebelumnya, penyerahan bantuan sosial tersebut diserahkan langsung Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali secara simbolis kepada warga di Kecamatan Ujung Bulu berupa paket yang terdiri dari beras 3 kg, minyak goreng 1 kg, mie instan 1 dos, dan telur 2 rak kepada setiap pemilik KK.

Bupati menyampaikan agar bantuan tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat dan berharap agar warga turut bersama sama pemerintah mencegah dan mengatasi Pandemi Covid-19.

“Semoga bantuan ini dapat mengurangi beban warga terhadap dampak wabah Corona. Dan saya berharap kita semua sabar dan kuat untuk melewati wabah virus ini,” kata AM Sukri Sappewali, saat penyerahan bantuan di Kantor Kecamatan Ujung Bulu, Rabu 22 April 2020 lalu.

BACA JUGA:   Menang Hasil Quick Count, HB: Kemenangan Masyarakat Bulukumba

Untuk diketahui, 10 ribu KK penerima bantuan sosial ini tersebar untuk 10 kecamatan Kabupaten Bulukumba menyasar warga terdampak Covid-19 diluar mereka yang telah masuk dalam data penerima bantuan lainnya seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Lansung Tunai (BLT).

Data 10 ribu KK penerima bantuan sosial ini diperoleh dari Kelurahan dan Desa, saat ini bantuan tersebut tengah didistribusikan.

Pos terkait