Tim Penilai Kota Sehat Sambangi Kabupaten Bulukumba

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA,BB – Penilaian Kabupaten Kota sehat  yang dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali kembali dilaksanakan tahun ini.

Dalam acara penerimaan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Pusat di Ruang Pola Kantor Bupati, Rabu (03/07), Bupati Bulukumba yang diwakili oleh Wabup, Syamsuddin mengatakan agar pelaksanaan Penilaian Kabupaten Sehat ini dapat menjadi sarana untuk melakukan evaluasi terkait upaya membangun daerah yang lebih sehat dan berkualitas.

Bacaan Lainnya

Hal ini sebagai bentuk komitmen bersama antara pemerintah bersama masyarakat agar di tahun 2013 ini, Bulukumba dapat kembali meraih penghargaan sebagai Kabupaten Sehat yang bermuara pada pencapaian peningkatan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:   Tomy Satria Janji Selesaikan Sisa Pengaspalan Jalan di Desa Anrang Tahun 2020

Syamsuddin juga mengatakan bahwa kunci utama yang menentukan keberhasilan dalam hal ini adalah sejauh mana partisipasi masyarakat terhadap program yang dilakukan pemerintah, serta inisiatif masyarakat di desa dan kelurahan dalam memaksimalkan potensi yang dimilikinya.

Ketua Tim Verifikasi Pusat, Eko Budi Yunihasto dalam sambutannya mengatakan bahwa di tahun 2013 ini Kabupaten/Kota yang mengikuti proses penilaian sebanyak 107 Kab/Kota dari 19 Provinsi. Adapun untuk wilayah Kabupaten Bulukumba sebanyak 35 desa/kelurahan dari 9 kecamatan akan dinilai.

Tatanan yang dipilih antara lain; Kehidupan masyarakat Sehat yang mandiri, Ketahanan pangan dan gizi, Kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum, Kawasan pariwisata sehat, dan kehidupan sosial sehat.

Ia menambahkan bahwa program Kab/Kota Sehat bukan hanya tanggung jawab sektor kesehatan, namun merupakan program lintas sektor/SKPD. Hal ini dikarenakan penyelenggaraan Kab/Kota sehat ini bertujuan untuk mewujudkan kondisi Kab/Kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat yang dilakukan melalui berbagai kegiatan berbasis masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah secara berkesinambungan dan membutuhkan kerjasama lintas sektor/SKPD.

BACA JUGA:   Tersiksa Debu, Warga Desa Anrang Keruk Jalan Yang Tak Dikerja Dinas PUPR

Dalam acara tersebut, dilakukan pula penyerahan dokumen Laporan Kabupaten Sehat Bulukumba oleh Ketua Forum Kabupaten Sehat Bulukumba, Hj. Sanawiyah Syamsuddin. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa desa/kelurahan di wilayah Kabupaten Bulukumba. Salah satunya yakni ke Kecamatan Bonto Bahari dengan potensi pariwisatanya yang besar antara lain pantai pasir putih Bira serta kawasan pembuatan kapal Phinisi yang telah dikenal hingga mancanegara.

Press Release

Pos terkait