Bertambah 1 Transmisi Lokal, Positif Corona jadi 7 Orang di Bulukumba

  • Whatsapp
Proses evakuasi pasien positif 007 Bulukumba di kecamatan Kindang. Minggu (10/05/2020).

BERITABULUKUMBA.COM, Kindang — Jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Bulukumba bertambah 1 orang, sehingga total Positif di Bulukumba menjadi 7 (tujuh) orang. Tambahan pasien 007 asal Kecamatan Kindang tersebut merupakan kasus pertama transmisi lokal. Pasien 007 diduga kuat terpapar virus karena bertetangga dengan pasien 004. Rumah 007 kerap dikunjungi pasien 004.

Perempuan berusia 29 tahun yang menjadi pasien 007 dinyatakan positif setelah keluar hasil pemeriksaan Swabnya dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar, Sabtu, 9 Mei 2020.

Bacaan Lainnya

Pasien 007 yang sebelumnya merupakan OTG ini sudah menampakkan gejala sakit, sehingga direkomendasikan untuk dirawat. Saat ini pasien 007 sudah dievakuasi dan dirujuk ke Hotel Almadera Makassar oleh tim medis Gugus Covid-19 Bulukumba.

“Kini kasus positif Bulukumba totalnya berjumlah tujuh orang, namun dua diantaranya sudah sembuh,” ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Bulukumba HM Daud Kahal, dalam keterangan persnya, Minggu 10 Mei 2020.

Pihak Gugus Tugas, kata Daud  mengingatkan masyarakat agar semakin waspada karena sudah terjadi kasus transmisi lokal di Bulukumba. Artinya penularan virus itu secara lokal benar-benar sudah terjadi.

“Kita himbau warga agar jangan keluar rumah jika bukan hal mendesak. Tetap tinggal di rumah adalah solusi untuk memutus penularan virus. Jika pun terpaksa keluar rumah harus jaga jarak dan memakai masker,” pinta HM Daud Kahal.

Dengan bertambahnya kasus positif di Bulukumba, Daud juga mengharapkan adanya kepedulian dari warga lainnya kepada pasien positif dan keluarganya. Pasien positif dan keluarganya tidak boleh dikucilkan, apalagi diberikan stigma negatif.

“Justru pasien positif ini harus kita bantu dan dukung bersama agar mereka bisa sembuh secepatnya,” bebernya.

APA ITU TRANSMISI LOKAL?

Untuk diketahui, transmisi lokal berarti kasus penularan infeksi yang terjadi antar masyarakat, hanya melibatkan masyarakat.

Keberadaan virus sudah tersebar di tengah masyarakat lokal itu sendiri, sehingga seseorang bisa terinfeksi tanpa harus bepergian ke luar wilayah atau bertemu dengan orang asing dari luar wilayahnya.

Pos terkait