Palu Arit di Merah Putih

  • Whatsapp
Foto bendera Merah Putih berlambang palu ariit di Unhas.

Sebagian di antaranya menjadi politisi dan bahkan ratusan berada di parlemen dan eksekutif di berbagai daerah. Kata siapa bahwa komunis sebagai ideologi tidak mungkin bangkit?

Era reformasi yang bermula dari runtuhnya Orde Baru toh bertanggung jawab terhadap rekonsiliasi, pembebasan tapol dan napol PKI, serta pengembalian hak-hak kewarganegaraannya. Konsekuensinya berupa ansk-anak keturunan PKI mempunyai keleluasaan mengisi pos-pos penting.

Ada yang mengibarkan bendera palu arit berlatar merah putih di kampus Unhas. Publik geger. Pada semua alur teori, asumsi, maupun fakta, agaknya bendera itu tidak bisa dijelaskan oleh wilayah semiotik. Barangkali ia hanya bisa dideskripsikan dengan cara yang sedikit mengadopsi sedikit keberanian rakyat Hongkong.

BACA JUGA:   Berapa Jumlah Batu Yang Dibutuhkan Sisifus?

Di masa mendatang barangkali kiita akan selalu mengutip ucapan Jenderal Gatot Nurmantyo, “Benteng terakhir NKRI adalah umat islam.” Di hari-hari ini sedang berlangsung masif gerakan mendistorsi sejarah. Publik diarahkan mewaspadai ekstrem kanan sebagai musuh pancasila dan stigmatisasi “bahaya laten Orde Baru.” Namun sebagian kita takut bertanya, “Dari kolong mana gerangan narasi itu diproduksi?”.

Pelajaran moral: Kata “kolong” dalam pertanyaan di atas mungkin harus diralat menjadi: gorong-gorong. ***

BACA JUGA:   Faktor Kamala Harris di Pilpres AS

Pos terkait