Di Peluncuran Kapal Papillon, Andi Utta Puji Perajin Pinisi di Bira Bulukumba

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA – Calon bupati peraih suara terbanyak di Pilkada Bulukumba 2020, Andi Muchtar Ali Yusuf atau Andi Utta menghadiri peluncuran kapal pinisi bernama Papillon di Galangan Kapal Panrang Luhu, Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, Rabu, 10 Februari 2021.

Andi Utta kagum pada semangat dan keuletan para ahli pembuat perahu Pinisi yang masih terjaga di Bulukumba.

Bacaan Lainnya

Pada masa pendemi ini, turut menopang perekonomian, yang mendatangkan devisa ke Bulukumba.

BACA JUGA:   Tepati Janji, Bupati Bulukumba Resmi Canangkan Program 1000 Rumpon

“Saya bangga dan kagum pada para ahli pembuat perahu, pengusaha di sini. Selain membuka lapangan kerja juga mendatangkan uang banyak, miliaran,” kata Andi Utta.

Andi Utta tak lupa menyampaikan selamat dan apresiasi atas peluncuran kapal Papillon yang merupakan kapal wisata yang akan berlabuh di kawasan wisata Labuang Bajo.

“Selamat atas peluncuran kapal Papillon. Semoga bermanfaat,” kata Andi Utta.

Kapal tersebut, diproduksi oleh PT Sinar Harapan Bahari. Pemiliknya yakni H Ariawan atau lebih populer dikenal dengan sapaan Haji Awan.

Haji Awan mengatakan, pengerjaan kapal Papillon selama setahun. Pekerjanya pun hanya sepuluh orang.

Sementara pemesan kapal tersebut, seorang pengusaha di Jakarta.

“Pengerjaan kapal ini selama setahun. Dipesan oleh kawan. Namanya Lal de Silva. Dia tinggal di Jakarta,” katanya kepada Wartawan usai peluncuran kapal tersebut.

BACA JUGA:   Ketua Gerindra Bulukumba Memilih di TPS 7 Ela-ela, Yakin HB Menang

Ia membeberkan, harga kapal itu senilai Rp5 Miliar, yang akan beroperasi di Labuang Bajo dan Raja Empat. Meski begitu, detailing interior kapal belum termasuk. “Ini kan sudah selesai. Tinggal mau diinterior,” kata Haji Awan.

“Rencananya kapal wisata. Harga kapal cuma lima miliar. Tapi biasanya lebih mahal lagi harga interior,” terangnya menambahkan.

Menurut Haji Awan, pandemi COVID-19 memang berdampak pada penurunan angka pembelian kapal pinisi.

“Kita juga terdampak pandemi. Biasanya kalau begini, sudah ada lagi yang pesan kapal. Yang papillon ini kan, kontraknya di tahun 2019,” katanya.

Owner Resto Pinisi Garden ini, berharap agar ke depan Pemerintah Daerah Bulukumba membuat docking kapal. Sebab menurutnya, di Bulukumba dikenal sebagai kabupaten pembuat perahu pinisi.

BACA JUGA:   Kecuali Lapda, Andi Utta Izinkan Semua Masjid dan Lapangan untuk Idul Fitri

“Kita berharap ke depan ada docking kapal atau bengkel resmi kapal pinisi di Bulukumba. Di sini kan cuma pembuat perahu. Biasanya setiap tahun kapal harus didocking,” tandasnya.

Selain Andi Utta, peluncuran kapal pinisi Papillon juga dihadiri calon wakil bupati Andi Edy Manaf, Tokoh Masyarakat Idris Aman,

Pos terkait