Ultah ke-125 Dokter Marie Thomas Dirayakan Google

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Marie Thomas. Sumber Foto javapost.nl

JAKARTA – Dokter perempuan pertama di Indonesia, Marie Thomas, diangkat sebagai tema doodle Google hari ini, Rabu (17/2/2021). Siapa Marie Thomas?. Perempuan yang lahir di Likupang, Minahasa, Sulawesi Utara, 17 Februari 1896 itu adalah dokter lulusan Sekolah Pendidikan Dokter Hindia (STOVIA atau Sekolah tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1922.

Dia kemudian menjadi spesialis bidang obstetri dan ginekologi dan adalah dokter Indonesia pertama yang menjadi spesialis dalam bidang ini. Ibunya bernama Nicolina Maramis. Ayahnya, Adriaan Thomas memiliki karier di militer sehingga keluarganya harus terus pindah ke berbagai daerah di Indonesia.

Namun, ini juga memungkinkan Marie untuk mendapat pengalaman sekolah di berbagai sekolah dari Sulawesi hingga Jawa. Pada mulanya STOVIA tidak menerima wanita sebagai mahasiswa, tetapi kebijakan tersebut berubah sebagian besar karena usaha Aletta Jacobs (dokter wanita pertama di Belanda).

Ketika Jacobs mengunjungi Hindia Belanda pada tahun 1911, dia mendesak masalah ini kepada Gubernur-Jenderal A.W.F. Idenburg. Setelah kemudian wanita diizinkan untuk mendaftar ke STOVIA, terdapat sebuah kendala baru yaitu mereka tidak bisa dipekerjakan oleh Layanan Kesehatan Sipil (Burgerlijke geneeskundige dienst) dan oleh karena itu mereka harus membayar studi mereka sendiri di STOVIA.

BACA JUGA:   Google Doodle: Claude Cahun's 127th Birthday

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *