Menu dan Cara Buka Puasa Nabi Muhammad

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA,BB – Tak terasa sudah memasuki hari ketiga bulan suci Ramadhan 1434 Hijriyah atau 2013 Masehi. Lalu apakah kita sudah tahu cara berbuka puasa Nabi Muhammad SAW?

Hal yang sangat menggembirakan dalam berpuasa adalah saat berbuka puasa dan balasan amal di hari kemudian nanti. Kadang kita sebagai umat muslim melupakan bahkan tak mengetahui cara dan menu buka puasa oleh Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Lainnya

Padahal mengikuti sunnah Nabi untuk urusan berbuka puasa lebih baik dan sudah mendapat pengakuan sejumlah pakar.

BACA JUGA:   Pejabat Enrekang Meninggal, Jatuh dari Mimbar Masjid

Nabi Muhammad SAW berbuka dengan memakan buah kurma dan meminum air putih. Setelah beberapa menit barulah menyantap makanan atau minuman dengan menu lain. Beberapa alim ulama bahkan kerap mengatakan bahwa setelah menyantap buah kurma dan air, Nabi lalu mengambil wudhu dan menunaikan Shalat Magrib.

Memang buah kurma ditambah air putih sudah dapat mentralkan badan setelah seharian tak terisi. Pakar mengatakan buah kurma mengandung gula alami atau fruktosa yang lebih mudah diserap oleh organ untuk menyuplai energi ke otot-otot. Sehingga usai berbuka dengan kurma dan air putih membuat tubuh kembali lebih segar.

Sebaliknya, makanan berat dan meminum air es dan semacamnya lebih retan menghambat pencernaan jika dijadikan menu buka puasa. Apalagi jika berbuka dengan maksud balas dendam setelah seharian berpuasa.

BACA JUGA:   Jadwal Imsak dan buka puasa hari ini, Selasa 8 Juli 2014

Nabi Muhammad baru menyantap makanan lain beberapa menit setelah memakan buah kurma dan meminum air putih. Namun, Nabi berbuka dengan cara yang biasa tanpa banyak makan hingga perut kenyang.

Laporan: cr11/Umar