Google Doodle Kenang Maliheh Afnan, Seniman Perempuan Palestina

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Beritabulukumba.com – Situs Google mengenang seniman pelukis kelahiran Palestina Maliheh Afnan lewat doodle Senin 5 Juli 2021.

Tema doodle Google kali ini dipersembahkan untuk sejumlah negara di kawasan Timur Tengah. Sebut saja diantaranya Arab Saudi, Mesir hingga Maroko. Maliheh Afnan dianggap sebagai salah satu seniman Timur Tengah paling signifikan di abad ke-20.

Bacaan Lainnya

Dalam apa yang disebutnya “lukisan tertulis”, media campuran gaya artefaknya mengeksplorasi tema-tema seperti pengasingan dan pemindahan sambil mengakui konflik Timur Tengah dan pengaruh warisan budayanya.

BACA JUGA:   Israel bombardir Jalur Gaza dengan 400 ton bom & rudal

Institut Seni Kontemporer di Milan menampilkan karya Afnan 1979 “Wartorn” dalam pameran kelompok virtual “The Symmetry of Fragility,” yang berakhir pada 5 Juli 2020.

Maliheh Afnan lahir di Haifa, Palestina pada tanggal 24 Maret 1935, sebelum keluarganya mencari perlindungan dari perang di Beirut, Lebanon pada tahun 1949.

Afnan terpesona dengan bahasa tulisan sebagai seorang anak dan halaman penuh dengan teks dan angka imajiner, mengembangkan gaya yang mencolok dari kaligrafi abstrak.

Dia pindah ke AS pada tahun 1956 untuk mengejar mimpinya menjadi seorang seniman. Afnan lulus dari M.F.A. program pada tahun 1962, di mana dia memasukkan tulisan Arab dan Persia ke dalam tugas, memotivasi seorang guru untuk memperkenalkannya kepada seniman kaligrafi Amerika Mark Tobey.

BACA JUGA:   Pray For Gaza: suporter serbu pemain Israel di lapangan bola

Tobey menjadi mentornya dan memfasilitasi pameran tunggal Eropa pertamanya pada tahun 1971—sebuah titik balik dalam apa yang tumbuh menjadi lebih dari 50 tahun kariernya.

Dia kembali ke Beirut pada tahun 1974, tetapi perang saudara memaksanya untuk pindah ke Paris sebelum akhirnya menetap di London pada tahun 1997.

Saat ini, koleksi Afnan dapat ditemukan di galeri di Timur Tengah, di banyak museum Eropa, dan di Museum Seni Metropolitan New York. “Here’s to you, Maliheh Afnan! Thank you for writing a new script for future generations of artists,” tutup Google Doodle. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *