Doodle Google Rayakan Ultah Sariamin Ismail, Novelis Wanita Pertama di Indonesia

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Beritabulukumba.com – Google pada hari ini Sabtu 31 Juli 2021 merayakan ulang tahun ke-112, Sariamin Ismail, penulis yang juga disebut sebagai novelis perempuan pertama di Indonesia.

Sariamin Ismail lahir di Talu, Talamau, Pasaman Barat, Sumatra Barat, 31 Juli 1909 dan meninggal di Pekanbaru, Riau, 15 Desember 1995 pada umur 86 tahun.

Bacaan Lainnya

Novel pertamanya berjudul Kalau Tak Untung diterbitkan oleh Balai Pustaka pada 1934.

BACA JUGA:   Google Rayakan Ultah Novelis Kanada Lucy Maud Montgomery

Dia juga aktif menulis di berbagai surat kabar termasuk Pujangga Baru, Panji Pustaka, Asjarq, Sunting Melayu, dan Bintang Hindia.

Dia mulai menjelajahi dunia puisi pada usia 10 tahun, dan pada usia 16 tahun, tulisannya diterbitkan di beberapa surat kabar lokal.

Sariamin Ismail menjadi guru setelah lulus SMA dan bekerja di berbagai kota di seluruh nusantara sambil terus menulis selama beberapa dekade berikutnya.

Ismail adalah seorang penulis aktif pada saat suara perempuan Indonesia disensor dan menggunakan banyak nama samaran untuk menghindari “penganiayaan” dari otoritas lokal.

Novel pertama Sariamin Ismail berjudul ”Kalau Tak Untung” yang dirilis dengan nama samaran Selaish pada tahun 1933.

BACA JUGA:   Google Rayakan Ultah Novelis Kanada Lucy Maud Montgomery

Novel yang berdasarkan pengalaman kehidupan nyata tentang romansa yang serba salah ini mencatat sejarah sebagai novel pertama yang ditulis oleh seorang wanita dalam sejarah Indonesia.

Buku berani ini mencontohkan penolakan terhadap tradisi Indonesia yang dianut secara luas seperti perjodohan, sebuah gagasan kontroversial yang menjadi ciri karyanya sepanjang kariernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *