Rembrandt van Rijn Ultah ke 407 di Google

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Tak hentinya Google memberikan apresiasi kepada orang-orang yang berjasa dalam dunia seni, termasuk seni rupa.

Seperti hari ini tepatnya Senin 15 Juli 2013, Google.com memperingati 407 tahun kelahiran Rembrandt van Rijn, seorang pelukis ternama asal Belanda.

Bacaan Lainnya

Ia sangat terkenal karena menjadi orang pertama yang memanipulasi ekspos cahaya terhadap objek lukisan sehingga bisa memberikan efek tertentu.

Rembrandt Harmenszoon van Rijn lahir 15 Juli 1606 dan meninggal dunia pada 4 Oktober 1669 pada umur 63 tahun. Ia terkemuka atas kontribusinya yang kerap menghasilkan karya grafis dan gambar. Sejumlah karya seni rupa telah dibuatnya pada era keemasan Belanda sekitar abad 17.

BACA JUGA:   Awal Pembukaan US Open Tennis 2015 "US Open Scores 2015" di Google Doodle

Rembrandt hingga akhir hayatnya menghasilkan sekira 600 lukisan, 300 etsa, dan 2000 gambar. Self potrait menjadi ciri khas dalam karya Rembrandt.

Menurut situs wikipedia, teknik yang kebanyakan adalah chiaroscuro, memberikan kontras yang cukup jelas antara bayangan dan pantulan cahaya dengan gradasi yang halus, sekaligus memberikan efek dramatis kepada pemirsanya.

Meskipun tetap saja kebanyakan tampil dengan tema-tema yang formal, karyanya mendalami aspek-aspek kemanusiaan tanpa membedakan usia maupun kekayaan.

The Nightwatch, Karya Rembrandt
The Nightwatch, Karya Rembrandt

Diantara karya Rembrandt van Rijn yang terkenal adalah Danaë 1636, Jacob de Gheyn III 1632, Anatomy Lesson of Dr. Nicolaes Tulp 1632, Belshazzar’s Feast 1635 dan Night Watch 1642.

Laporan: Cr7/Jhe/Rival

Pos terkait