Google Doodle: Claude Cahun’s 127th Birthday

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Google Doodle: Claude Cahun's 127th Birthday. Foto tangkapan layar Google.

Beritabulukumba.com – Google Doodle pada hari ini merayakan ulang tahun ke-127 penulis dan fotografer surealis Prancis, Claude Cahun.

Claude Cahun terkenal karena fotografi potret diri yang menantang norma gender dan seksualitas di awal abad ke-20.

Claude Cahun lahir pada 25 Oktober 1894 di Nantes, Prancis, dalam keluarga Yahudi. Sebagai cucu dari seniman Prancis yang berpengaruh David Leon Cahun dan seorang anak dari seorang pemilik surat kabar, Cahun tumbuh dewasa dengan dikelilingi oleh kreativitas.

Pada usia 14, Claude Cahun bertemu Marcel Moore, pasangan seumur hidup dan kolaborator artistik mereka.

Setelah pindah ke Paris untuk belajar sastra pada tahun 1919, Cahun mencukur rambut mereka dan mengadopsi nama mereka yang netral gender untuk memberontak melawan konvensi masyarakat.

BACA JUGA:   Ibu Menteri di Australia Bawa Bayi Saat Dilantik

Meskipun ketidaksesuaian gender secara luas dianggap tabu di Paris tahun 1920-an, keputusan Cahun untuk mengidentifikasi publik sebagai non-biner menuai kontroversi, tetapi mereka secara eksplisit menolak keributan publik.

Cahun mengeksplorasi fluiditas gender melalui literatur dan potret diri melankolis seperti seri 1927 “I am in training, don’t kiss me”.

Karya ini menggambarkan seniman berkostum sebagai atlet angkat besi feminin, mengaburkan batas antara stereotip maskulin dan feminin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *