Andi Utta Pimpin Upacara Hari Pahlawan Nasional 2021

Gambar Gravatar
Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf bertindak selaku Inspektur upacara Hari Pahlawan Nasional, Rabu 10 November 2021. (ist)

BeritaBulukumba.com – Hari Pahlawan Nasional 10 November 2021 diperingati di Kabupaten Bulukumba dengan melaksanakan Upacara serta Ziarah ke makam pahlawan.

Upacara yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bulukumba (10/11/2021), Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf bertindak selaku Inspektur upacara dan di ikuti Wabup Andi Edy Manaf, para Pimpinan DPRD Bulukumba, unsur Forkopimda, para Kepala OPD, para Veteran, dan para Pejabat Lingkup Pemkab Bulukumba. Sementara peserta upacara terdiri dari sejumlah personil Polres Bulukumba, Kodim 1411/Bulukumba, Satpol PP, Tagana dan BNPB Bulukumba.

Bupati Muchtar Ali Yusuf saat menyampaikan pidato Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengatakan, hari pahlawan ini harus dimaknai sebagai bagian untuk membangun identitas bahwa kita semua bersaudara sebangsa dan setanah air yang akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan sesuai dengan Bhineka Tunggal Ika.

“Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah oleh perbedaan sara, suku, agama, dan ras. Ita harus menggelorakan semangat gotong royong sebagaimana Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua,” ucap Bupati menyampaikan pidato Menteri Sosial.

BACA JUGA:   Edy Manaf Bakar Semangat 761 Saksi Prof Andalan

Bupati juga menyebutkan, upacara peringatan Hari Pahlawan ke 76 dengan tema “Pahlawanku Inspirasiku” harusnya dapat dijadikan inspirasi oleh kita semua melalui semangat, tekad, dan keyakinan para pahlawan untuk memenangkan perang melawan kemiskinan, sebab Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah dan terletak geografis yang strategis.

“Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung Inovasi dan daya kreativitas yang tinggi serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah,” ujar Bupati Andi Utta.

Untuk itu, melalui Hari Pahlawan tahun ini Bupati mengajak untuk bersama-sama bahu membahu dengan penuh rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa para pahlawan untuk terus memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai dengan kemapuan dan profesi masing-masing.

BACA JUGA:   Ini Makna Kemerdekaan di Mata Andi Utta

“melalui momentum peringatan Hari Pahlawan tahun ini marilah kita jadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah. Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya,” ucap Bupati.

Usai upacara, Bupati beserta rombongan bergerak menuju ke Taman Makam Pahlawan untuk melaksanakan Ziarah Nasional. (*)