Curah Hujan Meningkat, Andi Utta Turun Pantau Titik Rawan Banjir

Gambar Gravatar
Andi Utta didampingi Andi Gatot memantau lokasi rawan banjir atau bencana lain di Kota Bulukumba. Foto diskominfo

Beritabulukumba.com – Curah hujan terus mengalami peningkatan hampir seluruh daerah di Sulawesi Selatan termasuk Kabupaten Bulukumba, Selasa 7 Desember 2021.

Hal itu membuat Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf melakukan pantauan di sejumlah titik lokasi rawan cuaca buruk dan banjir Selasa 7 Desember 2021.

Lokasi yang di pantau antara lain Kanal dan pintu air Pasar Cekkeng, Hutan Kota, Muara dan bantaran Sungai Bialo Jalan Menara.

Pemantauan dilakukan Bupati didampingi Camat Ujung Bulu A. Ashadi, dan Kabag Protokol Dedi Rahmadi.

Andi Utta menyampaikan bahwa Kabupaten Bulukumba kondisi masih aman terkendali.

Namun kata Dia tetap penting mewaspadai perkembangan curah hujan dan angin kencang yang sewaktu-waktu berpotensi terjadi dan berakibat bencana.

“Saya sudah instruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk melakukan monitoring perkembangan cuaca,” kata Andi Utta di sela kegiatan.

BACA JUGA:   Profil Andi Muchtar Ali Yusuf (Andi Utta), Bupati Bulukumba 2021-2026

Bupati juga memerintahkan agar Camat dan Lurah di Kecamatan Ujung Bulu, dan camat serta lurah dan kepala desa dalam wilayah Kabupaten Bulukumba untuk melakukan kerja bakti pembersihan drainase, kanal atau aliran sungai di wilayah masing-masing.

Andi Utta juga meminta agar pihak pemerintah desa atau kelurahan melakukan upaya-upaya normalisasi saluran air sehingga potensi penyumbatan aliran air dan berakibat banjir bisa diminimalisir.

Selain itu, katanya, masyarakat juga harus terus dihimbau untuk meningkatkan kesadaran agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Karena dari pantauan saya, penyumbatan saluran air pada umumnya disebabkan karena sampah buangan warga, ini yang penting disadari oleh warga demi kepentingan mereka sendiri,” pinta A. Utta. (*)