Pemuda Gorontalo Bikin Kendali Listrik Lewat Status Twitter

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

GORONTALO,BB – Teknologi modern saat ini sudah tanpa batas. Hal tersebut dikatakan Muhammad Sigit Dude, seorang pengembang software pengendali asal Gorontalo.

Saat ini, Sigit sedang mengembangkan software pengendali listrik hanya dengan membuat status baru di Twitter.

Bacaan Lainnya

“Untuk mematikan atau menghidupkan listrik dapat dikendalikan hanya dengan menga-update status di Twitter,”katanya kepada BeritaBulukumba.com, Kamis 25 Juli 2013.

Program ini sudah berhasil diuji oleh Sigit di rumahnya untuk mematikan aliran listrik. Alat ini masih sebatas percobaan, mengingat katanya butuh perbaikan agar bisa efektif dan efisien.

Saat ditanya apakah akan mengomersilkan produk ciptaannya itu, Sigit mengaku sedang mempertimbangkan karena software tersebut memiliki banyak kegunaan.

“Kendala kami di bahan baku. Kalau komersil itu pasti karena semua percobaan yang dilakukan butuh dana agar tetap bisa berkelanjutan,”ungkapnya.

Selain pengendali listrik, Sigit juga menggunakan software ciptaannya untuk membuat lampu atau display running text dan kendali lainnya seperti air mancur.

Bahkan alumni Jurusan Elektro, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Makassar ini mengaku sedang mengembangkan robot yang mampu dikendalikan dengan pikiran Manusia.

Menurutnya hal itu secara teori sangat bisa terjadi dengan menggunakan perangkat lunak atau software bernama Electroencephalography (EEG).

Alat utama dari Robot yang ia buat adalah sebuah software pengendali JAVA menggunakan sinyal listrik dari geombang pikiran di otak.

“Sebenarnya jika kita paham cukup mudah karena kendali berasal dari gelombang otak yang dirubah menjadi sinyal elektrik,”katanya.

Semua hasil ciptaan Sigit itu rencananya akan dipamerkan di Makassar pada akhir tahun 2013.

Laporan: cr11/Jabbar Bahring