Inilah Masjid Tertua di Bali

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

KLUNGKUNG,BB – Meski Bali memiliki penduduk mayoritas menganut agama Hindu namun ajaran Islam sudah lama dengan adanya Masjid Nurul Huda di Kampung Muslim Gelgel, Klungkung, Bali.

Dari Denpasar, perjalanan menuju masjid tertua di Pulau Dewata ini memakan waktu sekitar sejam. Masjid Nurul Huda berdiri megah di tengah-tengah perkampungan Gelgel yang berpenduduk 280 keluarga. Di halaman masjid, terdapat sebuah menara tua tegak menjulang setinggi 17 meter.

Bacaan Lainnya

Menurut Ketua Takmir Masjid Nurul Huda, Wahidullah, Masjid Nurul Huda berdiri pada akhir abad ke-13. Saat itu, Bali dikuasai raja Kerajaan Gelgel yang bernama Ketut Dalem Klesir.

BACA JUGA:   JK Minta MUI Tinjau Pengajian Masjid Menggunakan Kaset

“Usai menghadiri pertemuan raja-raja nusantara di Majapahit pada akhir abad ke-13, Raja Gelgel kembali pulang ke Bali dengan dikawal 40 prajurit Majapahit. Setibanya di Klungkung, pengawal dari Kerajaan Majapahit yang sebagian sudah memeluk Islam kemudian menetap di Gelgel. Mereka lalu menyebarkan agama Islam tanpa paksaan atas seizin Raja Gelgel,”jelasnya.

Hingga kini, Masjid Nurul Huda tetap terawat dengan baik dan menjadi kebanggan warga. Sementara hubungan antara warga Muslim Kampung Gelgel dan masyarakat Hindu sekitarnya juga berjalan harmonis serta penuh toleransi.

Laporan: cr13/BeritaBali.com

Pos terkait