Presiden SBY Lepas Puluhan Ribu Peserta Independence Day

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono melepas 45.000 peserta Independence Day Run di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu 25 Agustus 2013.

Lomba lari dengan jarak 17 kilometer dan 8 kilometeini memeriahkan  Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-68 Kemerdekaan RI 2013.

Bacaan Lainnya

Independence Day Run yang pertama kali ini, merupakan kegiatan gabungan Istana Kepresidenan, Kementerian terkait, TNI, Polri, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) bermitra dengan Garuda Indonesia. Upacara pelepasan didahului dengan Lagu Indonesia Raya tepat pada pukul 06.00 WIB, kemudian Presiden SBY melepas peserta dengan menekan tombol sirine.

BACA JUGA:   Presiden SBY: APBN-P 2013 Atasi Permasalahan Terkini

Tampak hadir dalam acara ini antara lain Menko Kesra Agung Laksono, Menpora Roy Suryo, Kapolri Jendral Timur Pradopo, dan Gubernur DKI Joko Widodo.

Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini diikuti berbagai lapisan masyarakat termasuk atlet nasional dan atlet asing dengan jarak 17 kilometer (17K) sekitar 5.000 peserta dan 8 kilometer (8K) diikuti 40.000 peserta. Angka tersebut melambangkan tanggal 17 Agustus 1945 yang merupakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Sebelumnya peserta terlebih dahulu mengikuti upacara bendera. Peserta lari 17K memulai start pertama bersama “17 Tough Warriors” yang merupakan prajurit Brigif Linud 17 Kostrad terdiri dari 4 Perwira, 5 Bintara, dan 8 Tamtama yang juga simbolisasi dari tanggal 17 Agustus 1945. Diikuti peserta lari 8K.

BACA JUGA:   Akhir masa jabatan SBY, utang Indonesia membengkak

1.000 Pelari 8K yang finis pertama, akan mendapat medali sebagai tanda penghargaan. Medali ini juga akan diberikan kepada 1.000 pelari 17K yang finish pertama.

Mengusung tema “Independence Day Run Semangat 17/8 untuk Merah Putih” kegiatan ini bertujuan mengajak seluruh lapisan masyarakat umum serta pelari profesional untuk berolahraga dan bergembira bersama.

Independence Day Run  melibatkan 2000 personel TNI Polriuntuk pengamanan, dan  satu orang race marshall di setiap 25-50 meter, titik air per 2,5 kilometer dan titik guyur setiap 5 kilometer sepanjang rute yang telah ditentukan.

Panitia menyiapkan hadiah mencapai Rp 400 juta yang rencananya akan dibagikan untuk semua kategori. Untuk jarak 17K, terbagi menjadi 3 kategori: lari kelompok, pria, dan wanita.

BACA JUGA:   Like Dong, Halaman Facebook Resmi Presiden SBY

Sedangkan untuk lari 8K dibagi menjadi lima kategori, antara lain pria, wanita, pelajar pria, pelajar wanita, dan kostum terbaik.

Selain hadiah uang tunai, ada doorpriza dua buah mobil dan 20 buah sepeda motor serta sejumlah hadiah lainnya.

Pos terkait