Gubernur Pimpin Siaga Kebakaran Hutan di Bulukumba

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA,BB – Kabupaten Bulukumba menjadi tuan rumah pelaksanaan Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang diikuti oleh ratusan personil Polisi Hutan seluruh kabupaten/kota, serta Manggala Agni (Pemadam Kebakaran Hutan) dan dihadiri Staf Ahli Menteri Kehutanan Bidang Pengamanan Hutan, Ir Agus Mulyono, Kamis (3/10) di Lapangan Pemuda Bulukumba.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo yang bertindak selaku Inspektur Apel Siaga tersebut mencanangkan Siaga Pengamanan Hutan dan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan tingkat Sulsel tahun 2013. Kemarau yang mulai melanda Sulsel, membuat Pemprov Sulsel bersama Pemkab/Pemkot se Sulsel, was-was menghadapi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan. “Kebakaran hutan bisa saja terjadi. Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dibutuhkan kebersamaan,” kata Gubernur, Syahrul Yasin Limpo.

Bacaan Lainnya

Gubernur Syahrul Yasin Limpo, mencontohkan kebakaran hutan di Kabupaten Pangkep  dimana TNI dan Polri ikut terlibat memadamkan kebakaran. Karena keterlibatan TNI dan Polri, kebakaran hutan bisa diatasi dalam waktu dua jam. “Saya canangkan apel siaga ini untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di Sulawesi Selatan,”terang Syahrul Yasin Limpo, saat memberikan kata sambutan.

Pelaksanaan Apel Siaga sempat molor sampai jam 10.30 wita, oleh karena pesawat helikopter yang ditumpangi Gubernur Syahrul Yasin Limpo delay menunggu selesainya latihan pesawat tempur Sukhoi milik TNI Angkatan Udara untuk persiapan HUT TNI 5 Oktober nanti.

Usai Apel Siaga para personil Manggala Agni mendemonstrasikan cara pemadaman kebakaran hutan serta cara menyelamatkan personil yang mengalami kecelakaan saat melaksanakan tugas di lapangan.

Laporan: cr13/PR

  • Whatsapp