WNA Nigeria Pakai Aplikasi Khusus Tipu Pengguna Facebook

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Penipuan yang dilakukan WNA Nigeria ternyata menggunakan aplikasi khusus untuk mengirim pesan massal ke korbannya.

Dalam menjalankan aksinya mereka menggunakan aplikasi dengan nama “Online Community Suite V.3.2.

Bacaan Lainnya

Aplikasi ini dapat mengirimkan pesan massal atau boradcast message melalui jaringan sosial media seperti Facebook atau FB.

Menurut Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal Polri Brigjen Pol Arief Sulistyanto, Warga Negara Asing berkebangsaan Nigeria yang terlibat dalam kasus kejahatan siber pembajakan email diketahui telah mengirimkan pesan penipuan ke 3.781 akun FB.

BACA JUGA:   Hati-hati, Foto Syur Pribadi Beredar dari Ponsel ke FB

“Kebanyakan dikirimkan ke korban wanita, semuanya wanita dan semuanya berkewarganegaraan Indonesia,” katanya seperti dilansir berita Antara.

Seperti diketahui, Polri menangkap sebanyak 28 tersangka yang diduga sebagai pelaku pembajakan email di apartemen kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara Kamis 31 Oktober 2013 lalu.

Dari 28 tersangka, 25 di antaranya WNA Nigeria dan tiga wanita WNI. Penyidik telah melakukan penahanan terhadap lima orang tersangka, di antaranya satu laki-laki WNA Nigeria, dua laki-laki dan dua wanita WNI.

Tersangka akan dikenakan pasal yang diterapkan dalam kasus itu adalah pelanggaran Undang-Undang Internet dan Transaksi Elektronik (ITE).

Adapun aliran dana dalam kasus itu akan dikenai pasal Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Pos terkait