Menagih Janji Politik Zainuddin-Syamsudin 3 Tahun Memimpin

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Oleh:  H.Suaedy Lantara
Jurnalis Senior Bulukumba (*)

Tak terasa 9 Nopember 2013, tepat tahun kertiga kepemimpinan pasangan Zainuddin Hasan- Syamsuddin sebagai bupati dan wakil bupati Bulukumba.

Bacaan Lainnya

Diakui atau tidak, sejumlah prestasi telah ditorehkan, mulai prestasi perolehan sertipikat Adipura pada 2011 silam, kemudian tahun berikutnya, Bulukumba dinobatkan sebagai kota Adipura yang dibuktikan dengan perolehan piala Adipura yang merupakan lambang supremasi kebersihan di negeri ini.

Selain itu, ditangan pasangan Zainudin Hasan – Syamsuddin, Bulukumba juga berhasil meraih prestasi yang banyak diidamkan kota / Kabupaten di Republik ini, yaitu Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) tahun 2013 ini.

Kemudian di sektor lain, Zainuddin juga mampu merubah kota Bulukumba dengan hadirnya Mall Mega Zanur, sekalipun Mall ini adalah milik keluarga Zainuddin yang awalnya mendapat sorotan dari banyak pihak terkait penempatan lokasi maal yang bersebelahan dengan pasar sentral Bulukumba, serta juga karena berada pada jalur hijau.

Selain itu, belum setahun menjabat Bupati, Zainuddin mampu merampungkan Pabrik penggilingan padi di Kalamassang yang merupakan terbesar di selatan Sulsel, selain itu di tahun kedua pemerintahanya, kembali berhasil menyelesaikan pabrik pengolahan kayu yang kesemuanya mampu merekrut tenaga kerja asal Bulukumba yang cukup besar. Tak yang menarik lagi, lapangan Pemuda Bulukumba yang selama ini menjai langan banjir di musim penghujan, oleh Zainuddin, lapangan pemuda ini ditinggikan, dengan mengalokasikan anggaran APBD mendekati Rp.1,5 miliar, termasuk pembangunan tribune dan taman lampu hias sekeliling lapangan. Zainuddin juga mensulap jalanan mulai depan Stadion hingga depan mall Mega Zanur menjadi lajur dua, sekalipun jalanan itu belum layak dijadikan lajur dua, mengingat jalanannya sempit.

Meski begitu, dengan hadirnya jalan lajur dua, kota Bulukumba terlihat berubah, meskipun menyiksa pengendara mobil yang ingin merubah haluan. Kemudian, selama kepemimpinan Zainuddin, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD) selalu ditetapkan tepat waktu, sehingga Bulukumba mendapat nilai plus dari pemerintah pusat. Kebijakan lain, ditangan Zainuddin, sudah puluhan bahkan ratusan kendaraan dinas milik Pemkab Bulukumba telah dilelang kepada pihak ketiga, melalui kantor Pelelangan Makassar.

Dan kini janji Zainuddin yang akan merampungkan masjid Agung Bulukumba yang anggarannya diperkirakan mencapai Rp 30 miliar, kini juga sudah ada tanda-tanda penyelesaian, setelah seluruh atap bangunan terpasang. Dan janji politik lainnya yang telah dipenuhi Zainuddin, termasuk penggunaan mobil pribadi menjadi mobil dinas.

Gaji bupati selama lima tahun juga tidak diterima, karena sesaat setelah Zainuddin dilantik menjadi Bupati Bulukumba, dia menyerahkan gajinya secara tunai Rp 400 juta yang diserahkan kepada perwakilan masyarakat yaitu masing-masing camat disaksikan para coordinator tim sukses.

Suedy Lantara (ist)
Suedy Lantara (ist)

Meskipun terdengar suara kalau camat UjungloE Sommeng, tidak mau menanda tangani tanda terima uang, karena sesuatu hal. Janji politik Zainuddin yang diumbarkan pada suksesi lalu, memang banyak menggiurkan rakyat Bulukumba, utamanya program pemberian kredit tanpa bunga yang akan disalurkan ke sepuluh kecamatan yang ada di daerah ini, masing-masing mendapatkan Rp 500 juta atau total Rp 5 miliar. Program unggulan ini, banyak membantu peningkatan suara pasangan Zainuddin- Syamsuddin. Selain itu janji lainnya akan memberikan Tunjangan Kinerja Daerah yang kemudian disulap menjadi Tunjangan Perbaikan Penghasilan ( TPP) kepada seluruh pegawai, dengan hitungan sebagaimana janji Zainuddin, masing-masing untuk PNS non eserlon akan diberikan Rp 1,5 juta, eselon IV Rp.2,4 juta, eselon III sebesar Rp.3,5 juta dan eselon II sebesar Rp.4,5 juta.

“ Dana tersebut anda dapatkan dari mana,’’ tanya BKM ketika itu, spontan Zainuddin mengatakan, belum saatnya dia menjawab, karena jika dijawab khawatir akan diikuti kandidat calon bupati yang lain. Termask akan menyelesaikan permasalahan di RSU HA.Sulthan Dg Radja khususnya terkait tunggakan pembayaran jasa media dan paramedis bernilai miliaran rupiah. Diawal pemerintahan Zainuddin PNS sudah bisa menikmati janji politik sang pilihan, meskipun besarnya sudah tidak sesuai dengan janji awalnya. PNS diberi TPP berdasarkan kehadiran dan berdasarkan eselon. Dengan pemberian TPP ini, PNS di Bulukumba banyak yang berani mengambil kredit di sejumlah Bank, karena sudah ada tambahan penghasilan.

Namun, waktu berbicara, TPP ini terpaksa harus berhenti ditengah jalan, hanya dibayarkan hingga Agustus tahun pertama, dan hingga kini TPP itu sudah tidak pernah dinikmati PNS, padahal dana TPP tahun pertama dianggarkan dalam APBD pokok selama setahun, tetapi dibayarkan hanya 8 bulan, artinya kebijakan itu menimbulkan pertanyaan. Sekedar mengingatkan, dihari pelantikan Zainuddin – Syamsuddin menjadi bupati dan wakil bupati Bulukumba, didepan kantor bupati, terpampang baliho ukuran raksasa dengan gambar icon Bulukumba yaitu akan dibangun Bulukumba Tower.

Gambar bangunan itu sangat megah, wargapun banyak yang mendekati baliho itu sambil memperhatikan gambarnya. Rencananya Bulukumba Tower ini dijadikan kantor pusat pemerintahan, dimana seluruh SKPD akan berkantor di gedung megah itu. Namun hingga kini masyarakat Bulukumba bertanya-tanya, dimana lokasi pembanguan Bulukumba Tower tersebut.

Cita-cita Zainuddin yang belum terwujud, pembangunan Bandar udara yang nota bene, Bandar udara ini sudah pernah ditinjua oleh orang pusat. Staf Ahli Bupati Bulukumba H.Muh.Daud Kahal yang dipercaya menjabat Plt Kadis Tata ruang pun angkat bicara, Pemkab Bulukumba sudah merencakan akan membangun Bulukumba Tower, dan diharapkan peletakan batu pertamanya akan dilakukan, meskpin Daud tidak menyebutkan kapan jhadwal peletakan batu pertamanya.

Begitupulan dengan janji akan memuluskan seluruh jalan di Bulukumba, Zainuddin yang mantan bupati Pohuwato Gorongtalo ini, menegaskan dirinya bertekad akan memuluskan seluruh jalan di Bulukumba, dengan alas an dia punya teman dekat di kementrian Pekerjaan Umum.

Bahkan usai pelantikan Darba Daraba yang dimaksud Zainuddin sebagai orang dekatnya di kementrian PU , saat ditanya BKM di kediaman pribadi Zainuddin juga menyatakan kesiapannnya membantu Zainuddin memuluskan seluruh jalanan di daerah ini. Semua janji ini diharapkan masyarakat Bulukumba bisa diwujudkan Zainuddin sebelum mengakhiri tugasnya sebagai bupati Bulukumba 9 Nopember 2015 mendatang.

  • Whatsapp