16 Nelayan Sinjai Dilepas Pihak Berwenang Australia

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

MAKASSAR,BB – Enam belas nelayan asal Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan yang ditangkap pihak berwenang Australia akhirnya dilepas.

Mereka pun secara bertahap akan tiba di kampung halaman di wilayah Selatan Sulsel itu.

Bacaan Lainnya

Pemulangan nelayan itu berkat bantuan sejumlah pihak termasuk Kementrian Kelautan dan Perikanan (RI) bekerjasama dengan Konsulat Republik Indonesia di Darwin, Australia.

Seperti diketahui, 16 warga Sinjai tersebut ditangkap bersama 6 nelayan lainnya oleh Australian Fisheries Management Authority (AFMA) pada 11 Oktober 2013 dengan tuduhan melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah Australia.

BACA JUGA:   Taufik Yahya Pimpin KONI Sinjai

Mereka dilepaskan adalah Firman, Souleng, Serang, Rusdi, Amirudin, Indra Aditya, Wiranto, Sudirman, Dival, Muhammad Tahir Fajar, Abdul Muin, Amiruddin, Mukrimin, Faizal Anwar, Taharuddin dan Tanhar.

“Lima orang masih dalam proses. Sementara satu dari enam orang tersebut ditahan karena dianggap sudah berkali-kali melakukan pelanggaran di perairan Australia,” kata Kepala Humas Dirjend PDSKP, Sahono Budianto dalam keterangan persnya di RM Kota Daeng Jl Perintis Kemerdekaan KM 14 Sudiang.

Pemulangan mereka menggunakan pesawat Jetstar dan Air Asia dari Darwin Australia ke Denpasar, Bali lalu ke Makassar hingga Sinjai.

Laporan: cr14/Jhe/PR

Pos terkait