Dua Remaja Ciuman di FB, Pelaku dan Tukang Foto Dipenjara

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Situs jejaring sosial Facebook (FB) terus menjadi asal muasal isu kontroversi. Kini gara-gara foto ciuman muncul di FB, dua pelaku dan pemotret di penjarakan di Maroko.

Foto ciuman 2 remaja sepasang kekasih di Facebook itu ditangkap pihak berwajib Maroko. Seorang remaja lainnya yang menjadi fotografer aksi itu juga dijebloskan ke tahanan. Namun, polisi membebaskan ketiga remaja itu dari penjara setelah organisasi HAM lokal mengecam tindakan aparat yang menghukum anak di baawah umur. Keduanya pun masih menanti persidangan selanjutnya.

Bacaan Lainnya

Sebagian mengecam penangkapan ketiga remaja atas beredarnya foto ciuman tersebut di FB. Sebagan kelompok juga mendukung langkah pemerintah. Ketua Badan HAM Amnesty International untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Philip Luther menyatakan hukuman penjara bagi ketiga remaja tidak berdasar.

ciuman, ilustrasi
ciuman, ilustrasi

“Ini sangat aneh, masa ciuman dipenjara. Mereka harus diperjuangkan,” kata Philip seperti dilansir situs Al jazeera. Di dunia maya, puluhan orang memposting foto ciuman sebagai dukungan kepada ketiga remaja. “Sekarang kalian bisa tangkap kami,” tantang salah satu pengguna internet dalam kicauanya menggunakan hashtag #FreeBoussa–istilah ciuman di Maroko.

Bahkan, lebih dari 30 orang nekat turun ke jalan untuk berdemo dan menggelar ciuman massal. “Long live love! (Cinta Abadi),” teriak mereka. Aksi gila itu disambut protes dari warga lain yang melintas. “Lakukan itu di negara lain. Itu tidak pantas di depan umum.” ujar seorang warga.

Kasus ini terjadi pada awal Oktober 2013 lalu. Remaja laki-laki usia 15 tahun dan perempuan 14 tahun ditangkap dan dipenjara di Kota Nador. Teman mereka, pria 16 tahun yang memotret foto ciuman juga dibui.

Laporan: cr15/MJ/Al jazeera