Bulukumba Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA,BB – Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di Bulukumba berlangsung semarak. HMPI yang ke-6 kali ini dipusatkan di lapangan Desa Bontonyeleng Kecamatan Gantarang, Kamis 28 November 2013. Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan ini diikuti oleh semua elemen pemerintah dan masyarakat, Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan, Bhayangkari, Persit Chandra Kirana, KNPI, mahasiswa, perbankan dan para kelompok tani hutan.

Kegiatan ini bertujuan untuk lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon, serta dalam rangka membangun ekosistem hutan untuk memperbaiki, merehabilitasi dan merestorasi hutan. Tema Hari Menanam Pohon Indonesia kali ini adalah “Wariskan Hutan Yang Lebih Baik Untuk Generasi Penerus Bangsa”

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Demi Target Tahun Kinerja, Bupati Mutasi Pejabat Pemkab

Sejak beberapa tahun yang lalu, Bulukumba sangat konsen dan peduli terhadap gerakan menanam pohon. Ini dibuktikan pada tahun 2012 yang lalu Kabupaten Bulukumba meraih Juara Satu Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan  dalam Gerakan Tanam Satu Miliar Pohon. Gerakan HMPI ini ditandai dengan memberian bibit tanaman secara simbolis kepada para stakeholder di Bulukumba, serta penanaman pohon oleh Bupati H. Zainuddin Hasan, serta pemberian piagam penghargaan kepada 8 kelompok tani hutan kemasyarakatan (HKm) atas konstribusinya dalam gerakan tanam satu milyar pohon di Bulukumba.

Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan serahkan tanaman , foto Humas
Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan serahkan tanaman , foto Humas

Zainuddin Hasan dalam sambutannya mengatakan bahwa pohon merupakan sumber kehidupan,  pohon adalah penjaga sumber mata air, sumber oksigen untuk pernafasan, pencegah bencana banjir, dan dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Olehnya itu semua elemen harus terlibat dalam gerakan satu milyar pohon ini demi mewariskan kepada generasi penerus bangsa. “Semoga prestasi gerakan menanam satu milyar pohon tahun lalu dapat dipertahankan dan ditingkatkan” ungkapnya.

BACA JUGA:   Bulukumba Dapat Subsidi Benih Padi dan Jagung Rp 3,6 M

Laporan: cr13/MJ/Hms