500 Anggota Senkom Latihan Bela Negara di SPN Batua

oleh

Makassar,BB – Sebanyak 500 personil Senkom Mitra Polri mengikuti Diklat Kamtibmas dan Bela Negara di Sekolah Polisi Negara (SPN) Batua-Makassar, Sulawesi Selatan. Selama dua hari sejak Sabtu,30 November – 1 Desember 2013, segenap Senkom Mitra Polri dari 24 kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan mengikuti diklat kamtibmas dan bela negara yang dibuka kepolda Sulawesi Selatan yang diwakili Wakil Dir Binmas, AKBP Idil Tabrani SH, dari Mapolda Sulawesi Selatan.

Di hadapan personil Senkom Mitra Polri, mantan Kapolres Pangkep itu menitipkan tiga point utama, yakni personil Senkom Mitra Polri diharapkan mampu secara rutin melaporkan perkembangan cuaca dan lalu-lintas informasi yang menonjol, meningkatkan kwalitas sumber daya manusia dalam mewujudkan keamanan mandiri di tengah masyarakat, dan menjadi mitra kepolisian dalam menciptakan kemanan dan ketertiban masyarakat.
“Senkom sebagai mitra kepolisian sangat dibutuhkan kehadirannya di tengah masyarakat utamanya dalam rangka menjaga dan mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat,”ujar Idil Tabrani saat membuka diklat Kamtibmas Senkom Mitra Polri.

Loading...

Sementara itu Pembina Senkom Mitra Polri dari Mabes Polri, Brigjenpol (Purn) Edy Mulyadi SH, mengatakan, Senkom Mitra Polri merupakan organisasi massa pertama yang melakukan kerjasama dalam hal pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, selain bermitra dengan kepolisian, Senkom juga siap bermitra dengan pihak mana saja, utamanya pihak-pihak yang berfokus pada bidang sosial kemasyarakatan.

Diklat Kamtibmas Senkom se-Sulsel, foto Anas
Diklat Kamtibmas Senkom se-Sulsel, foto Anas

“Belum ada organisasi massa selain Senkom yang bermitra dengan semua pihak, selain membantu kepolisian dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, Senkom juga aktif dalam kegiatan sosial lainnya, penanganan bencana, tanggap darurat dan bantuan kemanusiaan” ujarnya.

Orientasi dan diklat kamtibmas – bela negara yang dilaksanakan di Aula Paramartha 76, SPN Batua berlangsung selama dua hari itu, dihadiri unsur muspida dari lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Kodam VII-Wirabuana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi, Badan Narkotika Nasional Sulawesi Selatan, Basarnas, PMI dan Bantuan Komunikasi Polisi.

Laporan: cr14/Khairil Anas

Loading...