Mau Tahu Carlos Juan Finlay?

oleh

JAKARTA,BB – Hari ini Carlos Juan Finlay, penemu penyakit demam kuning yang bisa disebarkan oleh nyamuk genus Aedes juga muncul di Google Doodle. Hari ini adalah hari kelahiran Carlos Juan Finlay ke-180.

Dokter Carlos Juan Finlay tak bisa dilupakan karena jasa-jasanya meneliti penyakit demam kuning. Ia pun diakui sebagai pelopor dalam penelitian tentang penyakit demam kuning. Termasuk sebagaia orang pertama yang menemukan dan menyatakan teori bahwa nyamuk menularkan demam kuning.

Loading...

Atas jasanya itu tak heran jika logo Google hari ini didedikasikan untuk ilmuwan asal Kuba itu. Carlos Juan Finlay lahir 3 Desember 1833, berdarah campuran Perancis dan Skotlandia. Finlay menempuh pendidikan sarjana di Jefferson Medical College di Philadelphia, Pennsylvania dan Havana.  Hasil penelitian Carlos Juan Finlay diakui pada tahun 1900 tentang nyamuk pembawa organisme vektor yang menyebabkan demam kuning. Menurut teorinya, nyamuk yang menggigit korban terinfeksi bisa menginfeksi orang yang sehat melalui gigitan. Hipotesisnya lalu dibuktikan hampir dua puluh tahun kemudian oleh Walter Reed pada tahun 1900. Finlay kemudian menjadi kepala petugas kesehatan di Kuba pada tahun 1902-1909.

Carlos Juan Finlay,Temukan Nyamuk Penular Demam Kuning
Carlos Juan Finlay,Temukan Nyamuk Penular Demam Kuning

Finlay dinobatkan sebanyak tujuh kali sebagai kandidat penerima Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran, namun tidak pernah memenangkannya. Ia hanya menerima penghargaan Legion of Honour dari Perancis pada tahun 1908. Carlos Juan Finlay meninggal dunia di rumahnya pada tanggal 3 Desember 1915 akibat stroke.

Laporan: cr14/Jhe

Loading...