Google Rayakan Ultah Grace Hopper, Pencipta Bahasa Pemrograman COBOL

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Mesin pencari raksasa dunia, Google, hari ini Senin 9 Desember 2013 memperingati hari kelahiran Grace Hopper pencipta bahasa pemrograman COBOL. Google Doodle menampilkan animasi menggambarkan display turunan bahasa pemrograman C itu.

Grace Hopper merupakan wanita yang sukses membuat spesifikasi bahasa COBOL (singkatan dari Common Business Oriented Language). Merupakan bahasa pemrograman generasi ketiga. Bahasa COBOL dapat menyelesaikan masalah-masalah akuntansi yang berhubungan dengan perdagangan, seperti sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran sebuah perusahaan dan lain-lain.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Kapan Lampu Lalu Lintas Pertama Kali Ditemukan?
Ultah Grace Hopper Penemu pemrograman COBOL, di Google
Ultah Grace Hopper Penemu pemrograman COBOL, di Google

Pemilik nama lengkap Grace Murray Hopper lahir pada 9 Desember 1906. Ia sangat terkenal dalam bidang ilmu komputer. Tak heran jika  Grace Hopper adalah salah satu programmer pertama dari komputer Harvard Mark I, dan mengembangkan compiler pertama untuk bahasa pemrograman komputer. Dia juga mempopulerkan istilah “debugging” untuk memperbaiki gangguan komputer (terinspirasi oleh ngengat yang sebenarnya dihapus dari komputer).

Karena segudang prestasi dan peringkat angkatan laut, dia kadang-kadang disebut sebagai “Amazing Grace”.Angkatan Laut AS USS Hopper (DDG-70) adalah nama untuk dirinya, seperti Cray XE6 “Hopper” superkomputer di NERSC dan juga ruang belajar di Chalmers University of Technology. Grace Murray Hopper meninggal dunia pada 1 Januari 1992.

BACA JUGA:   Nelson Mandela di Google Doodle

Laporan: cr14/Rival/Wiki