Ada Apa, Nikah di Bulukumba Kok Mahal?

oleh

BULUKUMBA,BB – Sejumlah warga mengeluhkan mahalnya biaya nikah di sejumlah desa di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Untuk menikah, pasagan calon suami istri (pasutri) harus mengeluarkan Rp 400-500 ribu.

Entah kemana larinya uang ratusan ribu itu ketika calon mempelai akan menempuh hidup baru. Padahal pihak Kantor Urusan Agama (KUA) setempat membantah menerima dana sebesar itu. Di Kecamatan Bulukumpa misalnya, warga mengaku mengeluarkan uang sebesar Rp 500 ribu untuk mendapat buku nikah. Akhirya sedikitnya 20 pasangan suami istri terpaksa tak mendapat buku nikah hingga tiga tahun lamanya.

Loading...

“Kami ke sini (KUA) untuk mempertayakan buku nikah yang belum keluarI. Masa warga disuruh bayar ratusan ribu,”protes Ilham sikki, Warga desa Ballasaraja kecamatan Bulukumpa di Kantor KUA Bulukumpa. Sementara itu, pihak KUA membantah meminta pembayaran biaya nikah sebanyak yang dimaksud warga. KUA mengaku hanya menerima setoran Rp35 ribu setiap pasangan suami istri.

“Itu biaya sebesar 500 ribu tergantung penghulu pak di desa, karena yang masuk di kantor KUA ini hanya biaya administrasi sebesar 35 ribu rupiah,”kata Yusuf pegawai KUA Kecamatan Bulukumpa Rabu 18 Desember 2013.

Laporan: cr18/Mi

Loading...