Ini Tips Cara Foto Kembang Api Malam Tahun Baru

oleh

JAKARTA,BB – Tahun baru memang membuat banyak rencana. Tak terkecuali bagi fotografer yang ingin mengabadikan momen malam tahun baru dengan pesta kembang api. Berikut tips sebelum memotret kembang api.

Pertama cari posisi leluasa memotret objek kembang api. Carilah posisi yang dapat mengambil gambar seluruh objek kembang api. Hindari daerah yang sempit karena bisa membuat sejumlah objek hilang terutama gambar kembang api yang terpotong. Kedua, jangan lupa menyiapkan tripod demi menjaga gambar agar tetap tenang. Jika pun tanpa tripod dudukkan kamera pada benda yang tak bergerak.

Loading...

Selanjutnya setting kamera anda pada resolusi paling besar (large). Setting ini sangat berguna untuk mengambil atau memotong gambar tertentu saja. Keempat, jangan lupa matikan pengaturan autofocus dan flash. Cara manual lebih tepat sasaran karena dapat mengambil objek sesuai keinginan. Sementara gambar dengan flash hanya dapat mengganggu hasil jepretan lantaran adanya cahaya terang bertebaran dekat jepretan.

Gunakan pengaturan dengan mode manual eksposur. Settingan foto kembang api biasanya dengan Aperture F/16 –  Shutter 2 detik dan ISO 100 atau Aperture: f/14 – shutter 2 detik dan ISO 200. Jika menjepret kembang api berentetan cepat maka gunakn settingan Aperture: f/18 – Shutter 1.25 detik dan ISO 100. Dan terakhir, ambillah gambar sebanyak mungkin karena kadang gambar terbaik tak terduga pada waktu tertentu. Selamat mencoba dan Happy New Year 2014.

Laporan: cr18/Jhe – Foto Reuters

Loading...