Warga Takalar-Gowa Reuni di Bantaeng

oleh

BANTAENG,BB – Kerukunan Keluarga Takalar Gowa (TAKWA)  yang tergabung dalam Koperasi Serba Usaha (KSU) TAKWA laksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2013 di Kompleks SMK Negeri 1 Bantaeng, Selasa. Kegiatan RAT ini yang merupakan agenda tahunan ini, juga dirangkaikan arisan bulanan dan silaturrahmi warga perantauan asal Takalar dan Gowa yang berdomisili di Bantaeng.

Pada sambutan pembukaannya, yang mewakili pengurus KSU TAKWA, H. Syafaruddin Dewa yang juga Ketua TAKWA, mengatakan bahwa RAT ini Sebagai bagian dari pertanggungjawaban kegiatan dan agenda kerja untuk Tahun Anggaran 2013 serta sebagai sumber informasi dan bahan kajian kepada para peserta RAT maupun calon peserta KSU yang baru nantinya. RAT ini juga dirangkaikan dengan arisan bulanan.

Loading...

Pada RAT Tahun buku 2013 ini tampak hadir Kadis Koperasi dan UKM Kab. Bantaeng H. Bakhtiar Karim, Kadis Kehutanan dan Perkebunan Kab. Bantaeng H. Asdaduddin, dan beberapa pejabat Bantaeng lainnya. KSU Takwa kini beranggotakan 90an ini telah mendapatkan SHU sebesar 28 juta lebih yang terjadi peningkatan dari 25 juta dari tahun 2012 lalu.

Drs. Nasruddin, MM selaku Pengurus Kerukunan Keluarga TAKWA, menyebutkan bahwa penyelenggaraan RAT tahun ini adalah suatu tanda bahwa organisasi kita sudah berjalan debgan baik ditandai dengan sajian laporan pertanggungujawaban diawal tahun, dan bisa dilaksanakan di awal tahun pula, dan merupakan koperasi kedua di Bantaeng yang menyelenggarakan Rapat Tahunan ini pada bulan Januari 2014 yang mana sesuai dengan regulasi yang ada.

Selain itu, Nasruddin yang merupakan Sekretaris Takwa ini mengemukakan bahwa keberhasilan ini merupakan bimbingan dari Dinas Koperasi dan UKM Bantaeng dan juga tentunya para anggota Koperasi yang taat melakukan aturan main perkoperasian. Ini juga disertai dengan prinsip fungsi sosial diantaranya pemberian kredit dengan suku bunga hanya 1 persen dan tidak mengejar profit semata. Kini, anggota koperasi Takwa juga bisa menikmati kredit hingga 20an juta.

Selain itu, dalam rangka program kerja tahun 2014, Kerukunan Keluarga TAKWA yang beranggotakan 90an orang ini akan turut mensukseskan penyelenggaraan PORDA di Bantaeng, pada bulan September mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Koperasi dan UKM Kab. Bantaeng Drs. H. Bahtiar Karim, MM juga turut hadir dan memberikan sambutannya. Yang di awali dengan cerita nostalgia  disaat mengikuti pendidikan di SMEA beberapa puluhan tahun lalu sekitar 1976. Beliau mengungkapkan bahwa keberhasilan saya saat ini tidak terlepas dari kepiawaian pengajar SMEA waktu itu, diantaranya H. Syafaruddin Dewa yang merupakan guru Tata Buku waktu itu. Sehingga saya bisa menjadi Kadis hari ini.

Disamping itupula, Kadis Koperasi dan UKM yang juga Ketua NU Bantaeng ini memberikan apresiasi yang besar terhadap Pengurus dan Anggota KSU TAKWA yang mampu menjadi Koperasi kedua di Bantaeng menyelenggarakan RAT Tahun Buku 2013. Dan berdasarkan data pada data base lembaga yang mengelola koperasi masuk pada kategori Koperasi Sehat dengan nilai 81 persen lebih.

H. Bakhtiar Karim ini tak bosan bosannya mengingatkan para anggota dan pengurus TAKWA untuk senantiasa menjaga stabilitas dan permantap silaturrahmi sehingga kesiapan Bantaeng dalam tugasnya nanti menjadi tuan tumah PORDA 2014 mendatang terlaksana dengan baik.

KSU Takwa ini juga telah menjadi warna pertumbuhan ekonomi baru di Bantaeng, ditandai dengan bertambahnya modal usaha dan keaktifan anggotanya menyelesaikan iuran dan lain sebagainya, serta pula kredit anggota Takwa ini dapat pula dijadikan modal usaha anggotanya. Berharap pula, KSU TAKWA ini tetap sehat dan jaya, yang disertai dengan tepukan tangan dari para peserta RAT.

Laporan: cr17/Syahrul Bayan

Loading...