Pemda Diminta Tenaga Honorer K2 Dikontrak

oleh

ACEH,BB – CPNS Tenaga Honorer Kategori 2 (K2) yang gagal masih berpeluang bekerja di Pemerintah Daerah (Pemda) tahun 2014. Apabila Pemda masih memembutuhkan harus diikat melalui kontrak.

“Yang pasti, sudah tidak ada lagi yang namanya tenaga honorer. Kalau pemerintah daerah masih membutuhkan tenaganya, sebaiknya diikat dalam bentuk kontrak,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar, dalam rangkaian kunjungan kerja ke beberapa kabupaten/kota di Aceh, Jumat 10 Januari 2014 dilansir situs resmi menpan.go.id. Pemda diminta untuk bijak dalam memperlakukan tenaga honorer kategori 2 yang tidak memenuhi passing grade.

Loading...

Seperti diketahui, Pemda dapat merekrut pegawai baru di pemerintahan bernama PPPK. Namun, tenaga honorer kategori 2 (K2) yang tidak lulus tes, tidak bisa serta merta menjadi PPPK. Pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diatur dalam UU tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) bukan merupakan tenaga honorer yang versi baru, karena sebenarnya sejak tahun 2005 pemerintah sudah melarang pengangkatan tenaga honorer. Pintu masuk PPPK mirip CPNS umum melalui pengusulan dan penetapan formasi, kinerjanya juga terukur. PPPK juga mendapatkan remunerasi, tunjangan sosial, dan kesejahteraan mirip sama dengan PNS. Karena itu, setiap instansi yang mengangkat harus mengusulkan kebutuhan dan formasinya, kualifikasinya seperti apa, serta harus melalui tes.

Laporan: cr13/Jhe

Loading...