Makanan dan Minuman Saat Musim Panas

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA, BB – Saat musim panas tubuh akan kehilangan cairan akibat keringat. Dianjurkan sedapat mungkin menyesuaikan menu makanan dan minuman.

Pilihlah makanan yang memiliki rasa asam seperti tomat, jeruk, strawberi, prem selai, anggur, nanas, mangga, dan jenis buah-buahan actinidia chinensis.

Bacaan Lainnya

Makanan yang asam ini mampu mencegah keringat yang berlebihan dan menguatkan lambung mencerna makanan. Selain itu, bisa memenuhi kebutuhan jantung dan limpa  dari berbagai macam zat gizi di makanan berasam ataupun bercuka.

BACA JUGA:   Hindari Air Es dan Gorengan Saat Cuaca Panas

Ingat jangan sampai anda kehausan dalam waktu lama (dehidrasi). Minum air teh hijau atau makan semangka baik saat cuaca panas. Minum air putih untuk menurunkan suhu badan sangat penting terhadap tubuh, tetapi jangan minum berlebihan.

Air bisa mempertahankan jumlah darah cukup terpenuhi dalam tubuh, menurunkan kekentalan darah, membuang zat beracun, mengurangi beban jantung dan ginjal. Jika minum berlebihan tidak saja bisa mengencerkan cairan lambung dan mengurangi kemampuan asam lambung membunuh kuman, tapi juga  bisa menambah beban jantung yang berdampak tidak baik bagi kesehatan.

Usahakan makan tiga kali dalam sehari. Ingat lagi, makanan dari sayur-mayur seperti Brokoli, Blueberri, Bawang Putih, Tomat, terong atau Kacang Kedelai. Jangan lupa minum vitamin C, B1, B2 dan A, D serta makanan sarat kalsium seperti jeruk dan alpukat.

BACA JUGA:   Hindari Air Es dan Gorengan Saat Cuaca Panas

Kebiasaan minum air dingin seperti air es atau jus berlebihan saat cuaca panas sedapat mungkin dihindari. Minumlah air dingin sesuai kebutuhan seperti setelah makan atau saat bersantai.

Laporan: Jabbar Bahring

Pos terkait