Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu lintas Serentak Besok

oleh

MAKASSAR,BB – Korlantas Polri akan menggelar Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas di sejumlah kota besar di Indonesia Minggu 26 Januari 2014. Di Makassar akan digelar di halaman Monumen Mandala.

Sementara puncak kegiatan berpusat Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Rencananya Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalulintas akan dideklarasikan oleh Ibu Negara, Ibu Ani Yudhoyono.  “Target aksi ini untuk mengurangi jumlah kecelakaan pada 2020 sebesar 50 persen,”kata Kepala Korlantas Polri Irjen Pudji Hartanto

Loading...

Tingginya angka kecelakaan bukan hanya terjadi di Indonesia, tapi juga seluruh dunia yang memiliki mobilitas lalu lintas yang tinggi. Karena itu pulalah World Health Organization (WHO) menjadikan lalu lintas sebagai masalah kesehatan.

Selain itu, pada 11 Mei 2011 silam, seluruh anggota Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) juga telah sepakat membuat program Decade of Action for Road Safety 2011 – 2012 atau (DoA). Selanjutnya, mengacu juga pada Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pada pasal 203 disebutkan tentang tugas pemerintah membuat Rencana Umum Nasional Keselamatan. Pudji menegaskan, rencana aksi DoA menjadi bagian RUNK.

“WHO memperkirakan jika tidak ada upaya langkah-langkah konkrit untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas, maka kecelakaan di tahun 2030 bisa menjadi penyebab kematian nomor lima di dunia,” ungkapnya.

Keinginan menciptakan budaya tertib lalu lintas inilah yang kemudian mendorong lahirnya slogan “Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalulintas dan Budaya Keselamatan sebagai Kebutuhan” yang dicanangkan Kakorlantas bertepatan dengan HUT Polantas ke-57 September 2012 lalu. Slogan itu pun disosialisasikan dengan mengajak semua pemangku kepentingan agar pesan tersebut sampai kepada seluruh lapisan masyarakat. “Pendekatan melalui budaya ini sedikit demi sedikit membuahkan hasil,” ungkapnya.

Dan pada 26 Januari nanti, akan dicanangkan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas. Selain Ibu Negara, akan ada pula ratusan Polisi Cilik yang akan terlibat dalam gerakan nasional penggugah budaya tertib lalu lintas ini. (PR)

Loading...