Eugène Viollet-le-Duc, Sang Perancang Patung Liberty

oleh

JAKARTA,BB – Banyak yang tidak kenal atau mengetahui profil Eugène Viollet-le-Duc. Seorang arsitek ternama kebangsaan Perancis yang juga perancang patung Liberty Amerika Serikat.

Tak heran jika mesin pencari Google hari ini juga menampakkan Doodle dengan karya Eugène Viollet-le-Duc. Sebuah bangunan kastil menggantikan huruf GOOGLE hari ini anda lihat di website resmi Google.com. Menurut wikipedia, bangunan tersebut salah satu karya bersejarah Eugène Viollet-le-Duc setelah dirancang ulang.

Loading...

Memang hari ini bertepatan dengan hari ulang tahun kelahiran Eugène Viollet-le-Duc ke-200. Eugene Viollet-le-Duc lahir di Paris, Perancis, pada 27 Januari 1814. Ia pun terkenal lantaran gaya penafsirannya tentang ‘restorasi’ desain bangunan abad Pertengahan. Gaya arsitekturnya bertolakbelakang dengan arsitektur Beaux-Arts pada wakktu itu lagi trend.

Sehingga sebagian besar karyanya dicemooh banyak orang waktu itu. Karya restorasinya yang terkenal seperti Chateau de Pierrefonds, menjadi sangat kontroversial karena tidak dimaksudkan untuk membuat situasi yang akurat dengan menciptakan sebuah ‘bangunan sempurna’ gaya abad pertengahan. Namun, Viollet-le-Duc tidak peduli karyanya dikritik. Menurutnya, restorasi sebuah bangunan bukan untuk mempertahankan, memperbaiki atau membangun ulang, tetapi untuk membangun kembali dalam keadaan lengkap yang mungkin tidak pernah ada pada saat itu.

Meski dianggap kontroversial, pemerintah Perancis mempercayai Viollet-le-Duc untuk merancang struktur internal dari Patung Liberty. Patung ini akhirnya diberikan kepada Amerika Serikat sebagai hadiah dari rakyat Perancis.

Di masa tuanya, Viollet-le-Duc menetap di kota Lausanne, Swiss. Di sini, ia merestorasi sebuah vila yang telah dihancurkan hingga akhirnya ia meninggal di tempat tersebut pada 17 September 1979, dalam usia 65 tahun.

Laporan: cr17/Jhe/Wikipedia

Loading...