Ucapan Imlek 2014 dan Artinya

oleh

JAKARTA,BB – Tahun baru Imlek merupakan awal memasuki penanggalan baru di China. Tahun baru Imlek kali ini bertepatan dengan 31 Januari 2014.

Sudah tradisi bagi warga keturunan Tionghoa merayakan dengan pestival dan doa. Jika melihat pemandangan terutama kota yang memiliki penduduk Tionghoa, pasti disambut dengan tulisan yang menyambut datanganya tahun baru Imlek. Kalimat paling tren adalah Gong Xi Fa Chai, Wanshi Ruyi artinya Selamat Tahun Baru Imlek, Semoga beruntung dan banyak rejeki.

Loading...

Kalimat lain yang kerap diucapkan adalah Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn, artinya Selamat Tahun Baru, Semoga sehat selalu dan panjang umur, semoga sukses dan selalu beruntung. Bagi warga Tionghoa yang suka menulis atau mengirim kartu, biasanya menggunakan kalimat yang panjang. Seperti Zhùfú de huàyǔ, shū zhōng yǒu wúxiàn. Xīnzhōng de sīniàn, yībiàn yòu yībiàn. Xīnnián lái yǎnqián, sòng qù wǒ zhùyuàn: Kuàilè kāixīn měi yītiān, shēnghuó měimǎn yòu tuányuán, píng’ān jíxiáng fú yùn lián! Artinya: Tahun baru sudah di depan mata, saya  pun mengharapkan: Semoga Anda bahagia dan gembira setiap hari, Hidup Anda indah, lengkap, damai dan selalu dipenuhi keberuntungan.

Kartu ucapan lainnya seperti Kuàilè zài xīnjiān dàngyàng, xìngfú zài xīntián shèngkāi, rúyì zài xīnzhōng páihuái, xǐyuè zài xīnkǎn měng zhǎng, huānlè zài xīnlǐ fāyá, shé nián yuàn nǐ xīn xiǎng shì chéng, rìzi bǐ mì tián yang artinya: Semoga kebahagiaan selalu merekah di padang hati Anda, keberuntungan silih berganti di tengah-tengah hati Anda, sukacita selalu meluap di hati Anda dan semoga di tahun ini setiap keinginan Anda terwujud dan hari-hari Anda akan lebih manis dari madu.

Demikian ucapan Selamat Imlek 2014 semoga bisa menjadi bahan untuk mengirimkan ke teman, kerabat atau sanak keluarga. Baik melalui situs jejaring sosial maupun pesan singkat atau BBM Blackberry. Gong Xi Fa Chai!

Laporan: cr7/eMJhie

Loading...